Sunday, April 20, 2014

Aku Sebagai Aku ( Coretan Dinding )

Aku hanya ingin menjadi aku.
Bukan jadi kau,kalian ataupun mereka.
Aku hanya ingin bisa bebas tertawa saat aku bahagia
Menangis saat aku bersedih dan bebas marah saat harga diriku terinjak dan terluka.

Aku hanya ingin menjadi aku.
Tak pernah ingin merasa lebih rendah ataupun lebih tinggi dari kalian semua
Bebaskan rasa rendah hati maupun tinggi hati kalian saat kita bersama.
Buang semua basa - basi,jiwa penjilat dan cukup jadi diri sendiri saat kita bertatap hati dan muka.

Aku hanya ingin menjadi aku
Manusia bebas yang tak terkekang jiwanya.
Bukan menjadi hamba maupun tuan dari semua rasa tak kekal di dunia.
Hanya melangkah berdasar nurani,bersandar pada hati dan selalu menjadi diri sendiri.

Aku hanya ingin menjadi aku
Tak begitu peduli pada kata dunia yang sudah makin rusak dan penuh sandiwara
Mungkin sampai menutup mata tak akan pernah bisa mencapai apa yang dunia sebut kaya.
Tapi aku yakin apapun adanya di awal,tengah dan akhirku,aku akan tetap bebas dan bahagia.

Aku hanya ingin menjadi aku.
Sampai detik terakhirpun tak akan pernah mau menjadi kau,kalian atau mereka.
Bukan cuma untuk sementara saja tapi untuk selamanya.
Dari fajar,siang dan sampai senjaku nanti menjemput dengan jingganya.








Monday, March 31, 2014

Hachiko dan Adipati Karna ( Loyalitas Tanpa Batas )

Lama tidak menulis karena kesibukan akhirnya ada waktu juga. Awalnya saya mengira air mata ini telah lama kering tapi hari ini mengalir lagi gara2 menonton ulang koleksi pilem lama Hachiko baik versi jepang maupun versi hollywood. Damn... :)) "Beri makan seekor anjing 3 hari saja dan dia akan selalu ingat denganmu selamanya " Salah satu kalimat di pilem yg masih terngiang sampai detik ini.

Benar2 perih melihat kesetiaan tanpa batas seekor anjing akita bernama hachiko. Susah saya memaparkannya pokoknya tenggorokan kering dan airmata menetes tanpa bisa ditahan. Walopun secara resmi saya belum pernah memelihara anjing tapi saya seorang pecinta anjing juga. Sangat disarankan untuk menonton pilem yg satu ini.

Dalam benak saya dari kecil dulu, kesetiaan itu selalu dekat dg romantisme yg gagah. Baik itu kesetiaan dg pasangan,teman ataupun peliharaan. Hachiko dan War Horse bisa jadi contoh yg indah tentang kesetiaan.

1 jam lebih saya membayangkan Hachiko sambil bermain biola. Endapan kisah itu benar2 menggerakan hati saya. Lelah bermain biola kemudian saya mengingat karakter wayang yg juga mempunyai kesetiaan yg luar biasa. Adipati karna,sulung pandawa, Anak dari Kunti dan Batara Surya.

Karna itu karakter yg kalo dipikir lagi kelahirannya tidak diinginkan semua pihak. Manusia setengah dewa yg satu ini proses kelahirannya saja unik. Singkatnya Kunti karena baik dg brahmana diberi ilmu yg bisa manggil dewa. Karena penasaran dg ilmu itu Kunti iseng manggil dewa surya. Oleh surya diberi benih di rahimnya tapi untuk menjaga martabat keperawanan kunti akhirnya proses kelahirannya lewat telinga. Dibuang di sungai ditemukan seorang kusir istana bernama Adirata.

Kalo diceritakan bisa sampai pagi lah. :)) Saya kupas sedikit2 saja. Karna karakter yg istimewa. Figur rakyat jelata,ulet,haus akan akan ilmu pengetahuan,tulus,berjuang dari bawah untuk naik kasta. Di jaman itu pendidikan hanya untuk ksatria saja. Karna otodidak belajar ilmu mencuri2 ilmu resi durna waktu memberi pelajaran pada pandawa dan kurawa. Durna sempat memergokinya. Duryudana,sulung kurawa yg satu ini juga tau tentang kelebihan2 Karna. Karena aturan masa itu durna menolak karna untuk menjadi muridnya walopun sebenarnya durna tau talenta luar biasa seorang karna. Beda dg banyak pihak,duryudana malah menjadikannya seorang sahabat dekat tanpa memandang perbedaan kasta. Duryudana pula lah yg mengangkat martabat seorang Karna dan menjadikannya seorang ksatria.

Karna tak kehabisan akal, Dia menyamar sebagai seorang brahmana berguru pada Parasurama. Parasurama ini guru dari Durna dan Bisma. Parasurama anti mengajari kasta ksatria karena punya pengalaman yg buruk dan trauma. Oleh parasurama,karna menjadi murid kesayangannya namun pada akhirnya ketahuan juga bahwa karna bukanlah seorang brahmana. Karna kena deh kutukan yg intinya semua ilmu yg dia dapat dari parasurama menjadi tidak berguna sama sekali dan karna akan menjadi lupa semua ilmu itu saat berhadapan dg musuh terhebatnya.

Karna itu juga masuk top list nya pandawa. Most wanted lah pokoknya. Penyebabnya karena penghinaan karna kepada drupadi. sepertinya Karna dan Drupadi memang ditakdirkan selalu berselisih sejak awal. Dalam sebuah sayembara di kerajaan Pancala untuk memperebutkan calon suami Drupadi sebenarnya karna lah yg menang tapi dihina dan di tolak habis2an oleh Drupadi dg alasan dia hanya seorang anak kusir. Karna sebenarnya gak berniat ikut juga tapi dia tidak tega saat melihat sahabat dekatnya, Duryudana gagal dalam sayembara itu.

Pada akhirnya Arjuna yg menang dan kemudian Drupadi menjadi istri pandawa. Karna itu seorang yg setia, Anti poligami apalagi poliandri. Drupadi yg bersuamikan 5 orang oleh Karna dihina sebagai pelacur. Bagi Karna, wanita yg bersuamikan lebih dari seorang lelaki tak ada bedanya dg pelacur. Itulah yg membuat Karna menjadi buruan utama Pandawa.

Untuk selanjutnya saya bahas kelebihan seorang Karna sehingga dia bisa masuk kategori salah satu tokoh paling setia dan istimewa di pewayangan.

- Ketika Karna diberitahu Kresna pada saat sebelum perang Bharatayuda bahwa dia sebenarnya adalah anak sulung pandawa dan kalo saja Karna mau tahta dan jadi seorang raja tinggal pindah kubu pandawa dijamin akan langsung jadi apa yg dilakukan seorang Karna? Dia menolaknya! Dia lebih mementingkan loyalitas dan janjinya pada sahabat baiknya,Duryudana. Dia tidak masalah berperang melawan saudara2nya sendiri demi sebuah loyalitas.

- Ketika Kunti,ibu kandungnya menemuinya dan memohon padanya agar tidak ikut perang dan kalopun ikut perang agar memilih pihak pandawa, Apa yg dilakukannya? Dia menolaknya juga! Bagi Karna loyalitas dan janjinya lebih utama.

-Ketika Karna berani menculik dan menikahi Surtikanti calon istri Duryudana,sahabat terbaiknya. Apa yg menjadi alasan dia? karena janjinya pada surtikanti. Putri raja salya ini memang sudah menjalin hubungan asmara dg Karna sebelum Karna mengenal duryudana,sebelum Karna menjadi seorang Ksatria. Satu2nya wanita yg ada di hati Karna,yg bisa menerima semua kekurangan dan kelebihannya. Karna memegang janjinya pada surtikanti dan berjuang habis2an untuk menjadikan surtikanti sebagai istrinya. Karena suatu sebab dan mengetahui latar belakangnya maka Duryudana pun iklas Surtikanti menjadi istri  sahabatnya ini. Setelah menikah tak pernah ada wanita lain di hati maupun matanya, yg ada hanya Surtikanti seorang saja.  ( Kisah Karna dan Surtikanti ini sebenarnya kalo dibahas sangat romantis juga. )

- Karna ini seorang yg aneh, di satu sisi dia terkenal agak sombong tapi di sisi yg lain dia terkenal sangat dermawan terutama kepada brahmana dan orang2 miskin. Apapun akan dia berikan kepada mereka kalo mereka memintanya. karena itu pula Karna dicurangi oleh batara indra yg merupakan ayah Arjuna. indra takut Arjuna nanti kalah dg Karna di Bharatayuda maka dia menyamar menjadi seorang brahmana dan meminta baju sakti milik Karna pemberian batara surya. Karena ketulusannya pada kaum brahmana, Karna merelakannya padahal dia tau yg sebenarnya.

- Karna tau bahwa sebenarnya pihaknya akan kalah tapi demi loyalitasnya dan kesetiaanya pada sahabatnya dia tetap rela bahkan dg bangga dan suka hati menjalani semuanya. Penderitaan perang melawan saudaranya sendiri tak di hiraukannya demi sebuah janji setia.

Pada akhir mahabarata, Karna lah salah satu karakter yg paling cepat sampai di surga bahkan lebih cepat dari para pandawa. Itu semua merupakan berkah dari ketulusan, kesetiaan dan loyalitasnya. Hachiko dan Karna. Sama2 pemenang soal kesetiaan dan loyalitas. Saya pasang tinggi rasa respek saya pada mereka.





Sunday, February 16, 2014

Dunia dalam separuh mata (Nyi Roro Kidul.. diantara logika dan mitos)

Dunia dalam separuh mata
(Nyi Roro Kidul.. diantara logika dan mitos)

Biasanya bila malam hari saya mimpi ketemu wanita cantik pagi atau siangnya ketemu suatu hal yg menarik baik berupa kenalan baru ataupun ilmu pengetahuan baru yg bisa membuat hati saya tergerak. Entah kebetulan atau tidak penyakit saya kemarin membawa saya ke sebuah percakapan yg menarik. Kemarin saya kemasukan sesuatu di mata yg membuat mata kiri saya merah dan bengkak. Satu hari satu malam saya memandang dunia dg separuh mata dan setelah pengobatan tadi pun kembali saya perban mata kiri saya dan memandang dunia cm dg mata kanan.

Tadi pagi ijin gak masuk kerja periksa mata. Pulangnya mampir ke tempat senior saya jaman abg dulu disana ketemu seorang senior lagi yg pengetahuannya tentang sejarah jauh melampaui saya. Kalo ada yg bisa membahagiakan saya salah satunya adalah ketemu orang dari generasi kho ping ho, generasi yg mengenal bu kek siansu. Generasi yg orangnya biasanya asik diajak ngobrol dg pemikiran yg terbuka.

Berawal dr joke2 tentang kho ping ho,membahas tentangkesehatan, ekonomi ,militer,politik dan sampai ke salah satu yg lama saya lupa, sesuatu yg sering di dongengkan bapak saya tentang babad tanah jawa,tentang kejayaan sriwijaya dan kerajaan2 yg ada di nusantara dulu. Lalu sampailah di sebuah titik yg menggelitik nurani saya.

"Sejak kapankah Legenda Nyi roro Kidul ada?? Benarkah Legenda itu ada?? Siapa pencetus mitos itu? Siapa yg paling diuntungkan dg adanya legenda itu? dan bermacam2 tanda tanya yg sampai sekarang coba saya gugling jawabannya.. "

Senior saya itu cerita tentang jayanya Majapahit,hebatnya kekuatan perangnya terutama di laut dan berlanjut tentang kerajaan2 setelahnya di jawa. Ada satu garis lurus nenek moyang kita memang tangguh di lautan. Terdoktrin dalam jiwa pecinta keberanian,kejantanan,cinta tanah air ,cinta perang dan mendewakan kematian dalam perang. Suatu aliran yg mungkin mirip dg model2nya viking. Spartan,mati dalam perang adalah kehormatan.

Masuk ke titik tanya tentang Nyi Roro Kidul maka tanda tanyanya sejak kapan mitos itu ada. Berdasar gugling setidaknya ada 4 mitos dari 4 wilayah yg berbeda tapi coba fokus ke jaman mataram,muncul dalam bentuk cerita gaib dia adalah istri dari raja jawa mataram. dan kumudian berkembang menjadi mitos2 lagi dari cerita mulut ke mulut di berbagai tempat tentang bermacam2 cerita entah itu pertemuan,kejadian unik maupun keajaiban2 yg kita sendiri mungkin sudah sering mendengarnya.

Kembali bermain logika kemudian munculah versi dari senior saya berdasar bacaan2 literaturnya bahwa sebenarnya legenda itu ada karena pihak belanda. Pihak yg menginginkan agar tradisi turun temurun dan salah satu kekuatan terbesar bangsa ini yaitu kekuatan bahari menjadi lemah dan pudar. Kekuatan yg dari dulu menjadi sahabat baik nenek moyang kita. Penyebabnya adalah belanda tak ingin kemampuan kita di laut bangkit saat itu karena untuk mengatasi perlawanan di darat pun belanda sudah keteteran dan habis2an baik tenaga maupun dana apalagi bila nanti meluas menjadi perang di lautan yg berdasar cerita2 senior saya tadi teknologi kita jaman dulu juga sudah maju dan berani diadu dg pihak belanda.

Dengan adanya cerita2 gaib tentang penguasa lautan maka laut akan terlihat semakin menyeramkan dan membuat pudar keberanian orang untuk menjelajahinya. Orang2 akan menjadi lebih terisolasi,perang menjadi lebih sempit wilayahnya dan berbagai logika lagi yg mungkin kalo dituliskan akan terlalu banyak dan perlu dasar2 literatur yg lebih jelas dan pasti sumbernya. Yang pasti yg paling diuntungkan berdasar logika saya memang pihak belanda.

Semua kemungkinan bisa saja terjadi,bisa jadi mitos itu benar2 ada tp bisa jadi juga semacam hoax yg terlanjur dipercaya oleh orang banyak dan berkembang menjadi bentuk2 kepercayaan dan keyakinan. Sebenarnya tulisan saya ini sama seperti kondisi mata saya saat ini. Saya menulisnya dg setengah juga. Setengah percaya dan setengah tidak percaya karena pembuktian belum pernah saya lakukan tp yg pasti ini sebenarnya suatu tanda tanya unik yg asik dalam proses mencari jawabannya. Sayangnya saya cuma seorang buruh yg terikat hari kerja dan jam kerja. Keterbatasan waktu yg mungkin akan membuat saya lama sekali bahkan bisa saja sampai mati belum mendapatkan jawabannya. Biarlah ini menjadi PR bersama buat yg tertarik mencari jawabannya.

#Kuliah Pagi bersama pak Aan dan pak Kaboel...:))

Friday, February 7, 2014

Gerobak sampah Mr Cool dg tulisan "Battle Tank"

Gerobak sampah Mr Cool dg tulisan "Battle Tank"
( Catatan kecil hari ini )


Soal hidup kita tak pernah tau jalannya gimana kadang di atas kadang juga dibawah. Orang yg kenal saya bahkan sahabat2 saya mungkin taunya hidup saya selalu asik2 saja karena saya memang seringnya asik2 saja apapun keadaanya (kecuali dalam masalah cinta :D ) padahal yg sebenarnya kadang kebalikannya.Saya pernah rasain hidup yg serba kekurangan bahkan tidak punya uang sama sekali berhari2 sampai bekas rokok kretek murahan saya kumpulkan dan saya linting kembali.  Saya pernah rasain gimana rasanya jadi pembantu di rumah orang sambil berguru kehidupan, saya pernah rasain jadi tukang jaga malam perkebunan orang,Saya pernah rasain jadi tukang rumput dan baby sitter sapi milik orang dan macam2 lagi lah yg mungkin kebanyakan orang akan mencibir pada saya. Jadi percayalah berdasarkan pengalaman hidup saya tak pernah terlintas dalam hati saya menghina dan merendahkan suatu profesi seseorang asalkan dia tidak mencuri,merampok dan merugikan orang lain. Yang akan saya tulis ini tentang profesi seseorang tapi yakinlah lagi saya tak memandang rendah profesinya yg ada saya salut,respek dan  mengaku kalah padanya dalam soal kekuatan dan ketabahan hatinya.

Setiap hari di dekat lingkungan saya kerja selalu lewat seorang pemuda mendorong gerobak sampah yg pingirannya dilapisi dg seng bekas dg tulisan " Battle Tank " di bagian belakang gerobaknya. Kira2 mungkin baru 20 tahunan selalu pake topi model tentara jepang jaman dulu memunguti botol2 plastik minuman kemasan dan sebagainya.

Sejak awal saya sudah salut dg yg satu ini. Salut saya pertama kekreatifannya menulisi battle tank di gerobaknya. Saya pikir ini orang daya imajinasi dan kekreatifannya pasti tinggi banget. hari demi hari semakin mengamati semakin salut dan respek lagi. Saat dia mendorong gerobaknya selalu ada senyuman di wajahnya. Tak ada rasa malu sama sekali bahkan seperti penuh percaya diri dan bahagia menghadapi hidupnya sehari2. Bila dilihat aura kegagahan dan kepercayaan dirinya dimata hati saya pribadi terang auranya jauh berlipat tingginya dibanding polisi2 di pinggir jalan.

Apa yg saya lihat itu seperti anti dari pengamatan saya sehari2 yg sering melihat anak2 seumurannya pakai ninja atau satria Fu dg gaya yg terkesan angkuh. Padahal saya berani bertaruh sebagian besar yg beliin masih ortu dan tidak sekali dua kali jg saya yg setiap hari berurusan dg simpan pinjam mendengar alasan orang pinjam karena anaknya ngambek pengen punya motor baru sampai gak mau sekolah.

Saya kurang begitu tau arti kata "cool" di setiap hati manusia itu bagaimana tp kata  "cool" bagi saya itu tanpa sadar sering keluar saat melihat seorang anak ikut membanting tulang membantu pekerjaan orang tuanya,Melihat anak muda turun ke sawah,mengangkut sayuran dan membawanya ke pasar, dan termasuk juga melihat Mr Cool setiap harinya berkeliling membawa Battle Tank nya.

Saya bukan orang yg mudah iri karena melihat harta, wanita ataupun jabatan seseorang tapi saya selalu iri dan penasaran bagaimana seseorang bisa bahagia dalam keadaan dan nasib yg ada dibawah saya. Mr Cool seperti mengirimkan pesan pada saya setiap dia lewat dg battle tank nya:
 " Selama yg kau lakukan tidak merugikan dan mengganggu orang lain.. Lakukanlah dengan penuh kebanggaan,bahagia dan percaya diri apapun profesimu..."

Alasan saya soal keirian diatas itu sebenarnya sederhana. Saya konsisten dalam memegang sebuah kalimat
 " Tuhan selalu memberikan ujian sesuai dg kemampuan ciptaannya"
Dalam logika sederhana saya dg kapasitas otak cetek saya terjemahkan bahwa orang yg hidupnya lebih susah dari saya itu berarti buat Tuhan kemampuannya menerima cobaan jauh di atas saya. Kalo orang yg lebih susah dari saya itu bisa lebih bahagia dari saya berarti dia sudah menemukan kunci hidupnya dan itu berarti dia istimewa.

Berdasarkan logika saya jg saat memandang seseorang yg sedang diuji kesusahan yg lebih dari kita harusnya kita respek dan hormat pada orang yg dianggap Tuhan kapasitasnya lebih kuat dan hebat dimata kita. Kalo kita menghina,menertawakan atau sampai membuat hidup orang itu lebih susah harusnya kita malu pada orang itu dan Tuhan. Sebenarnya kebalik seharusnya orang yg lebih susah itu jauh lebih berhak dan lebih pantas menertawakan seseorang yg hidupnya dibuat lebih enak dari mereka.

Mr Cool dan saya memang tidak saling mengenal tapi sering saling bertukar senyum saat berpapasan. Ingin rasanya setiap bertemu dgnya berkata "Thanx Mr Cool n Battle Tank untuk pelajaran hidupnya.. Ganbatte!!!"  Semoga kehidupan selalu membaik dan lebih  meningkat lagi kualitas bahagiamu di setiap harimu.

Monday, February 3, 2014

Werkudoro's Way ( Terlanjur Bima )

Werkudoro's Way

" I always tell the truth even when i lie.. " << Apakah ini Quotes dari Werkudoro ?! No... ini kata2 Al Pacino di pilem legendaris Scarface. :)) Tp kira2 itulah soulnya Werkudoro. The Most Bloko Suto man in the Mahabharata. Mungkin udah berkali2 saya tulis setau saya hanya 3 tokoh saja yg bisa ketemu langsung dg Sang Hyang Wenang, Sang Maha tinggi. Mungkin kalo di keyakinan sekarang maksudnya Tuhan. Rahwana,Werkudoro dan Wisanggeni. Trio yg kurang begitu peduli dg sopan santun tp tinggi tata kramanya.Sama2 fisiknya sangar tp hatinya sebenarnya lembut.

Untuk kali ini sedikit fokus dg Werkudoro. Dari Pandawa lima ini tokoh yg paling gede selera makannya. Nama laennya dlm sansekerta itu Bhima kalo gak salah artinya "Dahsyat ". Untuk anak seumurannya waktu kecil dia paling kuat,paling jahil. Strikernya pandawa kalo mengganggu kurawa. bla.bla.bla.... (sejarah panjangnya sudah banyak yg nulis lah.. :)) )

- Werkudoro menganggap semua orang sama derajatnya, sehingga dia digambarkan tidak pernah menggunakan bahasa halus (krama inggil) atau pun duduk di depan lawan bicaranya. Mungkin ini dasar dari komunisme.. sama rata sama rasa. Werkudoroisme.

- Dia juga pantang keroyokan hobinya 1 on 1. Satu lawan satu lah atau dikeroyok jg gak masalah.no problemo. Mungkin mirip2 Whitebeard kalo di one piece. Ra ono mundure. Laki2 tanpa luka di bagian belakang tubuhnya. semua luka ada di depan. Bukti dia tidak pernah lari dari semua pertempuran.

- Kalo hitam ya hitam kalo putih ya putih. Dia gak nangung2 dlm berbagai hal. suka bilang suka,benci bilang benci. kalo sombong sekalian sombong saja n jangan merendah kalo dalam hati pujian yg diharapkan. Jujurnya minta ampun apa kata yg keluar dari mulutnya itulah kata yg ada di hatinya.sampai2 jadi kesayangannya Kresna dan jadi penunjuk jalan Kresna saat akhir baratayudha tertahan di bumi gak bisa baik ke khayangan sedang werkudoro malah udah moksa sampai duluan. Werkudoro yg ngasih tips2 tentang stairway to heaven pd kresna.

- Nurut banget dan selalu berpikiran positif dg perintah orang2 yg dihormatinya bahkan gak mikir panjang bahkan walo tau kalo dibohongin. Pokoknya sering dikerjain dan dikasih mission impossible lah sama Dorna gurunya bahkan sudah dilarang sodara2nya tp selalu siap jalani dan berpikir positif pasti ada sesuatu yg berguna untuknya nanti. Bagi dia perintah guru itu harga mati. Tapi ternyata itulah yg membawa werkudoro ke jalan terangnya,bertemu kakeknya dan diberi kesaktian berupa kekuatan setara 70 gajah, bertemu dewa ruci etc

- Lebih baik dimanfaatkan daripada hidup tidak bermanfaat sama sekali. Ini salah satu prinsipnya dia. Anti dg hidup yg diam,statis. Mending mati drpd gak ngapa2in. pokoknya gerak,melakukan sesuatu walopun sesuatu itu manfaatnya bukan untuk dia, gak dibayar pun gak papa udah thanks bgt dia drpd nganggur..Kalo dlm slank mungkin ada di lagunya "lo harus grak "

etc etc etc... :))

#ketemu pirang perkoro jal nonton ulang Al Pacino in Carlito's way n Scarface malah nulis werkudoro..

Sunday, February 2, 2014

Rahwana In Love Edisi Khusus Valentine Part 3

Rahwana In Love Edisi Khusus Valentine Part 3
(selamat tinggal cinta..  )

#membayar utang rasa pada kawan sejalan yg semalam berduet biola dan gitar memainkan lelaki dan telaga..

Di Akhir Part 2 Khayangan lagi geger gara2 tangisan arwah simbok rahwana yg tiada henti membuat suasana tidak tenang. Dewa2 tidak bisa istirahat sama sekali. Kerjaan kacau terbengkalai. Batoro Guru presiden para Dewa nggak mau tau semua persoalan dia serahkan pada Yamadipati dewa kematian yg udah nyabut nyawa Aryati dan Kamajaya dewa cinta yg udah bikin kisah cinta setragis itu buat aryati dan Don Juan De Marno.

 Kamajaya dan Yamadipati padu, engkel2an dan saling menyalahkan. Bahkan sudah siap2 beradu kesaktian nggak ketemu jg jalan keluarnya. Mereka panik karena sudah diultimatum Batoro Guru kalo kasus ini tidak selesai hari ini juga jabatan mereka akan dicopot. Batoro Guru benar2 lagi sensi karena kebetulan saat itu sedang musim dingin dan sakit giginya kambuh dan tambah bunek denger tangisan aryati. Kamajaya vs Yamadipati. duel yg keliatannya akan seru walopun kamajaya itu dewa cinta tp kesaktiannya super jg sedang Yamadipati jgn diragukan lagi seabrek kesaktiannya.


" Don Juan DeMarco kui kan titisanmu tho Kamajaya.. Lha DeMarno itu anaknya DeMarco berarti yo masih turunanmu. mbok ya kisah cintanya jgn kamu buat kejam2 gini.. " Tiba2 Batoro Narodo hadir dan menengahi keduanya sambil njewer kuping Kamajaya dan Yamadipati.

"kamu juga salah Yamadipati.. berdasar itung2anku dan data dari daftar kantormu nyawanya aryati itu kamu cabut sebelum waktunya. Wajar kalo arwahnya tidak tenang seperti itu.. " kening yamadipati dikeplak oleh narodo sambil nunjukin data dan riwayat hidup aryati.

Mereka berdua mlongo,ndlongop sambil nyembah2 sama Narodo sekjen para dewa di Khayangan.

" Anu Kangmas Narodo anu... " Kamajaya glagepan.. bingung mau mengawali jawabannya gimana.

"Anu piyeee... Gimana.. njawab yg jelas tho Kamajaya" Narodo yg biasanya nggak pernah marah kali ini agak jengkel.

" Saya tau Kangmas kalo Demarno itu masih turunan saya tp saya cuma mau nunjukin bahwa saya nggak nepotisme. Turunan saya nggak melulu enak saja uripnya. Biar ada jg yg kisahnya perih.. " Kamajaya ngeles.

"Kamajaya.. Cinta kamu buat nggak memandang kelamin jadi bermunculan gay dan lesbi di dunia sana aku masih nyante tapi kalo kasus yg satu ini wis lah di gawe penak ae. DeMarno mencintai wanita yg nggak cantik mendekati medeni ky aryati itu udah menderita lho jgn diperparah lagi.. " Narodo bisa mengendalikan amarahnya dan mulai memberi masukan

"Wah bener Kangmas Narodo... Aku salah timingnya nyabut nyawa bocah ini.. " Yamadipati kemringet, Keringat dingin meluncur dg deras kaget waktu baca riwayat hidup aryati. Sambil ngucek2 matanya dan membersihkan kacamata bacanya yg jarang dia pakai karena jaim dan malu ada dewa kena kelainan mata.

"Lhaaa.. ya tho Yamadipati... " narodo menjitak kepala Yamadipati saking gemesnya.

"Wis piye arep digawe piye neh saiki... Demarno aku pantau terus sekarang kesasar di hutan dan gila. Aryati yg bisa melihat penderitaan Demarno nangis sepenuh hati sampai bisa nembus telinga2 semua dewa walopun udah pake headset.. " Narodo merenung sejenak. Berpikir dg dalam.

"Anuuu kangmas... " Yamadipati ikut2an kamajaya pake anu2an..

"Piye neh..ada apa lagi Yamadipati.. " narodo melotot memandang yamadipati yg semakin ketakutan.

" Demarno itu nyawanya masih panjang tp kalo Aryati tinggal sebulan lagi.. Walopun bisa dihidupkan lagi tapi tidak bisa lama di dunia.. " Yamadipati nunjukin data aryati pada narodo. Narodo dan kamajaya  sama kagetnya sambil melihat data tersebut.

"Waduh piye neh tho iki.. lahir susah.. urip susah..mati pun mereka masih susah..  Wah aku nggak mau tau juga pokoknya harus ada kompensasi gara2 kesalahan kalian ini.. Kamu Yamadipati hidupkan lagi aryati dan pertemukan dia dg Demarno. Sedang kamu Kamajaya.. Mboh piye carane entah gimana caranya kamu seneng2in dua orang itu nanti. Kalo batoro guru cuma menghukum kalian dg turun jabatan maka kalo aku akan memberi kalian hukuman ku kutuk jadi asuuuu kalo sampai gagal membahagiakan mereka... " narodo muring2 sambil nyengkiwing kedua dewa tersebut lalu menghilang.

Yamadipati dan Kamajaya pucat lalu berdamai dan bagi2 tugas. Yamadipati meluncur menemui arwah aryati dan meberi penjelasan serta memohon maap ada kesalahan prosedur serta memberi tau kompensasinya dia akan dipertemukan dg Demarno lagi. Seketika tangis Aryati terhenti. Satu tugas berhasil. Sedang Kamajaya langsung meluncur ke Bumi dan mulai menjalankan rencananya.

Di belahan belantara itu demarno udah gak karuan. awut2an rambutnya sebagia malah udah jadi gimbal dan kumis tipisnya sudah setebal ulat pohon serta berewokan tidak terurus tp tetap masih terlihat ada sisa2 ketampanannya. Saat itu kabut tebal dan demarno jg cuma berjalan tak tentu arah kemudian berhenti di sebuah pinggiran telaga. Sayup2 dia dengar suara kencrong dan nyanyia merdu yg sepertinya berasal dari tengah telaga itu.

Lelaki hanya berdiri, di tepian telaga
Menyusuri kesunyian hati, ada rindu dalam hatinya
Ada embun jatuh setitik, di ujung hatinya

Pada air ia berkaca, membayangkan kekasih
Bersandar pundak di sisinya, ranting jatuh air memecah
Di dalam lingkaran air, lelaki sendiri

Pada embun ia bertanya
Pada ranting ia bertanya
Untuk apa bertemu kalau nanti berpisah
Untuk apa bercinta kalau nanti bersedih
Ranting tertunduk membisu
Embun terdiam kelabu

Lagu itu judulnya Lelaki dan Telaga ciptaan Franky Sahilatua yg dinyanyikan oleh Kamajaya dg iringan kencrung sakti pusakanya. Kelebihan pusaka ini seperti cimeng kalo lagi bahagia yg dengar super bahagia sedang kalo lagi sedih bisa jeruuuuu..dalam banget sedihnya. ( Kelak ini jadi salah satu pusaka yg dipegang rahwana )

Demarno mendengar lagu itu jadi terhanyut dan bayangan aryati semakin jelas di angannya. Menangislah ia sekeras2nya sambil mengutuki kejamnya takdir yg merenggut nyawa wanita idamannya. Kegilaanya berangsur2 menghilang mendengar lagu itu kesadarannya secara perlahan pulang ke otaknya tapi sedihnya semakin menjadi2. kenangan serasa berubah seperti sayatan pedang di hatinya. mengiris2 ketabahannya menjadi serpihan airmata.

 Kamajaya tiba2 sudah berada di samping demarno yg karena sedihnya tak menyadari sudah ada seorang Dewa di sampingnya. Bahkan saat itu sampai2 Kamaratih istri dari kamajaya ikut mendampingi suaminya menjalankan misi itu.

" i know how you feel demarno.. " Kamajaya mengelus rambut demarno sambil mengalirkan energi untuk memulihkan fisik Demarno yg memang nyaris di titik sekarat terluka batin dan raganya. Seketika Demarno tersadar dan menyembah dewa dewi di depannya.

"Duh dewa.. lakon apa ini yg harus saya perankan.. kenapa dewa setega ini pada saya. " Sambil menangis demarno bertanya kepada kamajaya.

Di Khayangan semua kejadian ini sekarang menjadi tayangan langsung yg ditunggu2 kelanjutannya oleh para dewa bahkan semua drama korea dan jepang tayangannya dihentikan sementara. Setelah ada berita tentang latar belakang kejadian ini semua jadi iba dan penasaran.

Kemudian kamajaya mengenalkan diri siapa sebenarnya dirinya dan bahwa demarno itu masih keturunannya. Dengan gaya flamboyan Kamajaya bercerita.

" Demarno.. Kalo saja aryati bisa dihidupkan kembali apa yg akan kamu lakukan.. " Kamajaya tiba2 bertanya.

" Saya berjanji akan menikahinya dan membahagiakannya.. menjadikan dia wanita satu2nya di hidup saya gusti kamajaya.. bahkan saya bersedia menukar nyawa saya cuma untuk melihatnya sekali lagi.. " Jawab demarno sambil terisak.

" hmmm... ketahuilah Aryati akan hidup sekali lagi. akan dipertemukan dgmu disini..Tak perlu kamu menukar nyawamu. Dia akan kesini sebentar lagi. " Sambil mengedipkan mata memberi kode pada kamaratih agar segera membawa Aryati ke tepi danau itu karena aryati masih di tempat Yamadipati.

"Terimakasih Gusti Kamajaya..terimakasih... " Demarno menyembah sampai2 mencium kaki Kamajaya sebagai tanda syukurnya.

"Tapi ada satu kondisi yg mungkin tidak akan menyenangkanmu.. Nyawa Aryati tinggal 30 hari jadi nikmatilah 30 hari itu sebaik2nya.. " Kamajaya dg pelan dan halus menjelaskan tentang takdir nyawa aryati.

seketika jg demarno tak sanggup berkata2 lagi. terdiam beberapa saat tertunduk lesu. Kamajaya tak sanggup berbuat lebih dari itu karena soal nyawa yg punya kuasa cuma Yamadipati. Di khayangan dewa2 jg shock mendengarnya dan mulai menyalahkan yamadipati yg tega banget membuat nyawa aryati sependek itu.

" Lebih baik saya mati sekarang saja gusti kamajaya, apalah arti saya hidup tapi nanti tak bisa bersama lagi dg aryati. 30 hari tak akan cukup bagi saya untuk membahagiakan dan membalas semua kebaikannya kepada saya.. lebih baik saya hidup di neraka asal bisa bersama dia selamanya... " Demarno nekat mengambil pedang kamajaya dan mengarahkannya ke dadanya.

Kamajaya kaget gak tau harus gimana lagi langsung calling Yamadipati melaporkan kondisi misinya. Yamadipati saat itu yg sedang bersama kamaratih menyiapkan aryati untuk dipertemukan dg demarno langsung turun ke telaga.

" Demarno, kamu benar2 tidak tau diri.. sudah kuhidupkan lagi aryati kamu masih minta lebih.. " bentak Yamadipati. Yamadipati orangnya memang dingin gak peduli perasaan orang.Maklum kerjaannya memang menyabut nyawa sehingga terbiasa tak mempedulikan perasaan manusia.

"Wis lah kamu mati sekalian saja aryati jg kumatikan lagi aku sudah tidak peduli dg semua ini. mau dilepas jabatan..mau dikutuk jadi asu juga biarin.." Yamadipati murka.

Seketika jg narodo yg dr awal sudah mengawasi dr jauh langung menghantam kepala Yamadipati dan menarik Yamadipati dan kamajaya menjauh.

" Yamadipati.. kamu kalo habis ini tidak berubah jg pendapatnya cuma berubah jadi asu.. aku akan kutuk kamu jadi tai asu!!!" Narodo membentak dg penuh amarah.

"Lha harus gimana lagi Kangmas narodo. aku sudah habis akal dan sabar iki.. " yamadipati terlihat pasrah.

"ingat semua kejadian ini karena kesalahan kalian berdua. Kewajiban kalian lah memperbaikinya. Wis gini saja lah. Kedua orang itu saling mencintai tp salah satunya memang harus mati karena takdirnya. Kita serahkan semua pada demarno pengennya gimana.. anggap saja itu salah satu kompensasi dari kesalahan kalian. Kamajaya ingat walo sebenarnya kamu tidak begitu salah tp ini ada request dari para dewa agar kisahnya ada indah2nya jg.. " Narodo mencoba ngasih solusi.

Setelah berbagai perdebatan akhirnya kamajaya jadi perwakilan ngomong ke demarno yg masih nekat mau bunuhdiri.

"Bisaku membantu cuma ini demarno. ada beberapa opsi bagimu tp yg pasti wajib ada yg mati salah satu dari kalian dalam 30 hari ini agar keseimbangan takdir tetap berjalan. Opsi pertama kalian bersama
selama 30 hari lalu aryati mati. Opsi kedua kau yg mati.. " Dengan berat hati Kamajaya memberi penjelasan pada keturunannya itu.

lama demarno merenung tak mampu menjawab. Kedua opsi itu sama beratnya tp kalo dia bunuh diri yamadipati malah mengancam tidak akan pernah menyatukan mereka di alam kematian nanti baik itu di alam surga maupun neraka.

" Aku beri kau 1 butir obat ini sajalah demarno.. Bila nanti kau ingin menukar panjangnya nyawamu dg aryati maka  di hari terakhirmu telanlah maka kau akan moksa. tapi bila kau rela aryati mati maka buanglah pil ini ke danau itu. yang penting sekarang kau bisa bersatu dg Aryati biarpun cm 30 hari itu da tidak sama sekali. nikmatilah sebisamu...." Akhirnya kesepakatan tercapai dan tak berapa lama kemudian tepi danau itu sudah diubah oleh kamajaya menjadi tempat yg indah, rumah yg mewah dan penuh taman yg luarbiasa indahnya.

Pernikahan pun terjadi di situ. Disaksikan para dewa yg ikut turun ke situ karena terharunya. banyak yg memberi kado dan berkah tp dalam hati ikut bersedih akan takdir yg menanti 30 hari kedepanbahkan batoro guru bersama istrinya pun datang. Istrinya yg hobi membawa tustel pun mengambil gambar mereka berdua dan foto itulah yg tersimpan di dompet simbok..paham! (niru gaya bu ani di instagram :v ) Mungkin hanya aryati yg tidak tau akan apa yg menantinya nanti kedepan.

Pertemuan keduanya dipenuhi rasa haru.aryati sebenarnya sudah diubah dan dirias menjadi cantik oleh kamaratih tp malah demarno nggak setuju akhirnya dikembalikan ke bentuk asal yg biarpun didandani kayak apapun tetap mukanya seram tp dg berbagai trik kamaratih bodinya diubah super seksi.

pendek kata 29 hari berlalu dg penuh kebahagian bagi mereka berdua seperti di surga. Pelayanan vvvvip lah pokoknya semua ditanggung Narodo sebagai sponsor utamanya.

Pada hari terakhir sampai disiarkan full dan live di khayangan. batoro guru yg biasanya nggak peduli pada soal gituan bahkan ikut2an mantengin. mereka semua penasaran apa nanti pilihan demarno di hari terakhir ini.

Seharian dipuas2kan oleh demarno untuk menyenang2kan aryati bahkan sampai bernyanyi puluhan lagu cinta dg kencrung rojobronto pemberian Kamajaya.

Pagi berganti siang... siang berganti sore dan malam pun menjelang.. Bulan purnama saat itu bersinar terang. Pelan perlahan demarno melepaskan pelukan aryati yg sudah tertidur. Dia sadar inilah hari penentuan pilihannya. Apakah dia yg harus pergi dulu atau Aryati yg harus mendahuluinya. Dia sudah memegang pil pemberian kamajaya. Dia duduk termenung sejenak memandangi wajah aryati.. dia cium keningnya.  Dia bangkit dan mengambil kencrung rojobronto keluar rumah duduk di tepian danau dan menyanyikan lagu yg pernah ia dengarkan dulu waktu dinyanyikan kamajaya .

Lelaki hanya berdiri, di tepian telaga
Menyusuri kesunyian hati, ada rindu dalam hatinya
Ada embun jatuh setitik, di ujung hatinya

Pada air ia berkaca, membayangkan kekasih
Bersandar pundak di sisinya, ranting jatuh air memecah
Di dalam lingkaran air, lelaki sendiri

Pada embun ia bertanya
Pada ranting ia bertanya
Untuk apa bertemu kalau nanti berpisah
Untuk apa bercinta kalau nanti bersedih
Ranting tertunduk membisu
Embun terdiam kelabu

Dia menyanyi sambil tanpa sadar meneteskan air mata. Dia mencoba menahan tangis sambil terkapar di rerumputan merenung dan lama kemudia membulatkan tekadnya. Berjalan memasuki rumah lagi dan duduk sambil menulis sebuah surat.Penuh tetesan airmata dan berat hati dia menuliskan surat itu. lama kemudiaa dia selesai dan meletakkan surat itu di bantalnya. Dia telan pil pemberian Kamajaya itu sambil mencoba memeluk tubuh aryati dan mencium bibirnya. Keajaiban terjadi tubuh demarno menjadi seperti ribuan kunang2 yg berpendar dg indah dalam kegelapan. semakin lama semakin menghilang demarno moksa meninggalkan aryati malam itu untuk selamanya. Dia menggantikan kematian aryati dan meninggalkan dunia lebih dulu. satu dua tetes air mata terakhirnya sempat menetes di wajah aryati.. Kenang2an terakhirnya di dunia dengan diiringi ucapan lirihnya

"Selamat tinggal cinta"

Bersambung beberapa jam kemudian.. :))



Thursday, January 30, 2014

Wisanggeni ( Terpujilah engkau yang terkuat diantara deretan orang terkuat sepanjang imajinasi manusia.. )

Wisanggeni
( Terpujilah engkau yang terkuat diantara deretan orang terkuat sepanjang imajinasi manusia..  )

Sebenarnya susah saya membuka cerita tentang karakter yg satu ini. Saya malah jadi membayangkan cerita bapak saya dulu yg waktu saya masih dalam kandungan hobi bapak saya baca kho ping hoo sambil jagain ibu. Beberapa tumpuk koleksinya masih bisa saya temukan dulu waktu saya awal belajar membaca. Sebelum TK saya emang diberkahi udah bisa lancar membaca dan Kho Ping Hoo salah satu bacaan wajib saya. :)) Beberapa hari ini saya khususkan cari2 pdfnya Kho Ping Hoo buat reuni masa kecil dulu. Kalo ada waktu senggang saya sempat2kan membaca dan pilihannya jatuh di Bu kek Siansu.

Dihubungkan dg Wisanggeni maka saya tak bisa menolak kalo ada yg mengibaratkannya seperti Bu Kek Siansu. Manusia yg dg masa kecil sengsara tp kemudian menjadi tokoh terkuat dikisahnya sudah tidak ada yg bisa menang melawan dia. Kalo Dalam manga crows karya Hiroshi sensei saya ibaratkan dia adalah Rindaman, Dalam lanjutan crows yg judulnya worst yg masih berkisah tentang Suzuran maka dia adalah Hanaki Guriko.. the Demon King. Gak ada lawannya. Gak ada yg bisa menang melawan mereka.

Beruntunglah saya yg masa kecilnya stasiun tvnya yg ada baru TVRI, Malam2 masa kecil saya yg memang hiperaktif saat tak bisa tidur sering diceritain tentang wayang dan karakter wisanggeni lah yg paling membuat saya jatuh hati pada wayang.

Sebenarnya karakter Wisanggeni itu kalo di versi aslinya dari india sana tidak ada. Karakter ini cuma ada di versi  jawa. Kisah wisanggeni tidak bisa tidak harus dimulai dg kisah bapaknya, Arjuna pernah berjasa besar saat mengalahkan Raksasa Niwatakawaca saat membuat geger khayangan. Batoro Guru waktu itu membuat sayembara siapa yg bisa mengalahkan Niwatakawaca akan dijodohkan dg Dewi Dresanala putri dari Batoro Brahma.Akhirnya Arjuna menang dan menikah dg Dresanala.

Seperti drama2 korea selalu saja kisah cinta dibuat tak mulus selalu ada halangannya. Sebenarnya Brahma tidak setuju dia punya menantu manusia. Di lain pihak putra Batari Durga yg bernama Dewasrani yg juga anak kesayangan Batoro Guru jatuh hati sama Dresanala. Dewasrani gak mau nikah kalo gak sama Dresanala. Sambat sama ibunya,batari durga pokoke nik ora karo dresanala mending ora nikah san. Pokoknya harus sama dresanala. Durga sebenarnya udah menasehati Dewasrani bahwa dresanala sudah jadi istri Arjuna. Semua profil2 dewi dan bidadari khayangan yg masih single ditunjukan padanya tp Dewasrani ttp nolak. Karena gak kuat akhirnya Durga sambat sama Batoro guru. Batoro Guru kalah dan berjanji akan menyingkirkan Arjuna kemudian menikahkan Dresanala dan Dewasrani.

Rencana jahat pun berjalan. Brahma dipanggil Batoro Guru disuruh mengambil paksa Dresanala dari Arjuna dan mengusir Arjuna dari khayangan.  Batoro Brahma jg setuju karena pada dasarnya dia jg gengsi punya menantu manusia. Singkat cerita Arjuna diusir dari Khayangan  Padahal Posisi Dresanala saat itu sedang hamil. Arjuan saat itu sampai memohon setidaknya dia diijinkan menunggui istrinya sampai melahirkan tp dia malah dihajar dan di banned dr khayangan. Tidak boleh lagi menemui Dresanala. Batoro Indra yg merupakan ayah Arjuna tidak terima. Indra Vs Brahma bertempur habis2an tp sama kuat. Akhirnya Arjuna ngalah di turun ke bumi drpd khayangan jd geger dan hancur. Dg berat hati Arjuna terdepak, Turun ke Bumi pun Arjuna setengah gila tak kuat menahan beban. Hari2nya di bumi dilewati dg bertapa memohon anugrah agar bisa bertemu lg dg Dresanala.

Kembali ke Dresanala, Begitu Brahma mengetahui anaknya sedang mengandung benih arjuna langsung memaksa agar diaborsi. Dresanala menolak habis2an ide itu tp sekuat2nya Dresanala apalah artinya dibanding kekuatan Brahma. Janin itu lahir prematur bahkan perlakuan brahma pd janin itu sangat kejam. Dia mencoba menggigit leher wisanggeni tp cucunya itu kebal padahal brahma itu dewanya racun.  Ada beberapa versi setelahnya. ada versi yg menceritakan setelah itu wisanggeni dijadikan bulan2an para dewa dihajar habis2an padahal baru berupa janin tp tidak mati jg kemudian dibuang di kawah candradimuka. Saya agak lupa pada bagian ini tp seingat saya versi bapak saya dulu setelah dibuang di kawah candradimuka wisanggeni diselamatkan oleh Batoro narodo yg merupakan sekjen para dewa, Penasehat batoro guru yg pd peristiwa itu sebenarnya sangat marah akan rencana batoro guru tp terlambat mengetahuinya dan tidak diminta pertimbangannya sama sekali.

Batoro Narodo tidak tega melihat wisanggeni dimasukkan ke kawah, Narodo turun ke kawah mengira wisanggeni telah mati tp ternyata belum mati dan merangkak ke atas. Wisanggeni yg masih kecil itu muncul dg wujud dewasa menghajar sebisanya pada narodo yg tak tega dan tak sanggup melawan. jangan bandingkan janin manusia dg turunan dewa. :))

Kemudian wisanggeni diberi penjelasan peristiwa sebenarnya termasuk dijelaskan pula siapa sebenarnya ayah ibunya dan kondisi ibunya yg saat itu dibawa paksa ke Khayanga Setro Gondo Mayit tempat Dewasrani. Narodo pun meminta agar ssuatu saat nanti Wisanggeni balasdendam pada para dewa yg telah menghancurkan hubungan ayah ibunya dan mencoba membunuhnya.Oleh narodo kemudian wisanggeni dititipkan kepada sang hyang antaboga sang penguasa lautan agar di didik dan dilatih.. Ada versi yg menyebutkan setelah tidak mati digigit Brahma lalu dibuang ke lautan dan membuat geger lautan karena tiba2 suasana lautan menjadi panas dan banyak penghuninya mati. Mungkin itu karena efek dari Racun dan api. Brahwa merupakan dewa racun dan api. Kemudian oleh Narodo, Antaboga diberi penjelasan penyebabnya dan diceritakan tentang asal usul wisanggeni dan disuruh mendidiknya.

Pada intinya ada kesamaan wisanggeni tidak mati dan dirawat Antaboga. Wisanggeni memang mirip Bu Kek siansu. Semua ilmu kesaktian dipelajari dg supercepat. Wisanggeni memang tidak diajari sopan santun maka dlm stylenya mirip pamannya,Werkudoro yg tidak bisa ngomong halus. Tapi sama jg dg Werkudoro. hatinya bersih, pure soul. Apa yg keluar dari mulutnya itu pula yg keluar dari hatinya. Jiwanya baik dan bersih. kelebihan wisanggeni yg lain itu dia super cerdas. Tak ada yg bisa menang debat lawan dia termasuk masternya debat kresna.

Wisanggeni diceritakan punya kemampuan super. Bisa berjalan di air,menembus bumi dan terbang. Setelah tiba waktunya oleh narodo dia diminta menemui bapaknya. arjuna yg saat itu sedang berkumpul dg para sodaranya pandawa kaget ada orang yg mengaku anaknya dg gaya bloko suto dan tidak berbahasa halus sama sekali. Singkat cerita untuk membuktikannya wisanggeni berkelahi dg semua pandawa termasuk dg bapaknya dan semua pandawa kalah. Narodo pun datang dan menjelaskan semua kemudian arjuna dan wisanggeni diminta untuk ke khayangan dan merebut kembali dresanala.

Wisanggeni berangkat ke khayangan bersama Arjuna. Dia hina habis2an semua penghuni Khayangan dg style yg benar2 slengean sesukanya tanpa menaruh rasa hormat sama sekali. Para dewa tidak terima dan mencoba melawan tapi tak ada satu pun yg bisa menang termasuk Batoro Guru sang pemimpin khayangan. Oleh narodo kemudian semua dibeberkan di hadapan batoro guru. Siapa sebenarnya wisanggeni yg merupakan titisan dari dewanya dewa Sang Hyang Wenang. Batoro guru menyadari kesalahannya,Dresanala kembali bisa bersatu dg arjuna.

Dan Seperti yg sudah2 kalo kisahnya arjuna soal cewek itu seringnya berakhir indah. Ibunya dan bapaknya bisa berkumpul kembali sedang wisanggeni tinggal di Khayangan alang2 Kumitir tempat Sang Hyang wenang.

Kalo Ngomongin Wisanggeni si bisa api ini sebenarnya secara logika pas perang Baratayudha tinggal nurunin wisanggeni saja sudah cukup buat menghancurkan semua kurawa tp oleh sang hyang wenang dilarang malah dibilang kalo dia ikut perang pandawa yg kalah. Gak asik dong masa cerita soal pandawa yg jd heronya malah wisanggeni. :)) Malahan Oleh sang Hyang wenang wisanggeni diminta moksa sebagai tumbal kemenangan pandawa.

kalo ada yg sebanding kemampuannya soal kesaktian dg wisanggeni mungkin cuma sepupunya Ontoseno,anak bungsu dari werkudoro. Tapi Ontoseno kalah soal kecerdasan. Kembali ke mahabarata ada ending yg benar2 saya benci soal baratayudha. Tak ada 1 pun anak pandawa yg tersisa. semua mati berkorban demi orangtuanya.  kalo ditelusuri lagi itu adalah salah doa Arjuna pada dewa yg meminta kemenangan dan keselamatan pandawa dan dia lupa meminta keselamatan anak2 pandawa sampai2 werkudoro kaget dg doa arjuna itu.

Tambahan dikit ada yg terlupa wisanggeni cuma bisa berbahasa halus dg Sang Hyang wenang, selain itu gak ada. :))

Wisanggeni.... Bu Kek Siansu.. Rindaman.. Guriko.. sementara berakhir pukul 2 : 45 dini hari ini.