Translate

Sunday, June 16, 2013

Rahwana in Love (You'ill Never Walk Alone Ray part 1)


#Rahwana in love 
Edisi You'ill Never Walk Alone Ray
Part 1

Barang sawiji purwo mawang kawitan, badar sejatine wujud yoh lakone Rahwana in love edisi YNWA.. trok tok.tok..tok...

Malam itu sampailah Rahwana dan Sinta di daerah frog stone,sebuah daerah di lereng gunung ungaran yg angker tempat rahwana dulu sering bertapa.. kalo sekarang orang2 menyebut wilayah itu watu kodok..

"nimas, kau sudah terlihat lelah.. lebih baik kita istirahat dulu malam ini disini.. " kata rahwana sambil mengelap keringat di wajah sinta.

"emoh kangmas, aku takut tempatnya horor gini.. " jawab Sinta sambil megangin tangan rahwana dg erat..

"Hohohohoho... sante nimas.. tenang aja ini daerahku.. lelembut yg megang sini itu sohibku.. tenang aja gak akan ada apa2.. " tawa rahwana dimirip2in ma santa.

"ciyuzz... miapah.. " tanya sinta berlagak ala ababil..

"hedeeeeeeh.. jgn pk bahasa gituan.. bangsa ini sudah rusak jgn diperparah bahasanya ikut2an rusak tho nimas..."

Sinta ketawa dengar jawaban Rahwana.. sinta jg hafal rahwana itu anti bahasa alay.

Setelah itu rahwana dan sinta masuk ke sebuah gua kecil,gelar matras,membuat perapian. heningnya malam itu tiba2 pecah oleh ketawa dan bercandanya Rahwana dan Sinta. Dua orang yg sebenarnya sedang dalam masalah besar tp klo udah berduaan
bs lupa segalanya.

"Udah nimas,kamu tidur saja dulu.. ini cuma ada 1 sleeping bag buat kamu aja ya... "
"lha kangmas gimana?? " tanya sinta.

"sante aja aku itu wong gunung,wong ndeso,wong kere.. udah biasa di udara seperti ini gak bakalan masuk angin biar cuma pake celana dalam.. " celelekannya rahwana kembali keluar.. " udah tidur dulu.. sini kepalamu rebahin pahaku... "

Sinta pun merebahkan kepalanya dipaha Rahwana.. Ada hangat yg menjalari hati sinta malam itu.. hangatnya kasih sayang rahwana,hangatnya mimpi2 dan harapannya untuk bisa terus bersama Rahwana..

Sebuah lullaby meluncur malam itu dari mulut rahwana diiringi dg Kencrung Rojobronto alat musik kesayangannya awal2 dia belajar musik dr pengamen di pasar dulu .. lagunya Eric Clapton - Wonderful Tonight...Sebenarnya suara Rahwana itu seperti suara vokalis metallica James Hetfield yg gahar berwibawa tp entah kenapa suaranya Rahwana bagi sinta sangat indah. Jenis suara jantannya laki2 klo menurut Sinta..lanang tenan!

It's late in the evening
She's wondering what clothes to wear
She puts on her makeup
And brushes her long blonde hair
And then she asks me
Do I look all right
And I say yes, you look wonderful tonight

I feel wonderful
Because I see the love light in your eyes
And the wonder of it all
Is that you just don't realize
How much I love you

Sinta bs merasakan belaian2 suara rahwana dihatinya.. belaian2 yg merasuki jiwanya yg membuatnya sangat nyaman. Kecupan Rahwana terasa samar dikeningnya.. kecupan yg mengantarnya ke alam mimpi... (edisi rahwana rock never die,tentang sepuluh muka rahwana dan sepuluh karakter suara rahwana yg semuanya ngerock bersama kisah band rahwana kpn2 dipost masih dlm bentuk tulisan tangan.. )

Tempat itu bukan sekedar tempat biasa bagi rahwana.. di dinding gua itu ada sebuah tulisan bersejarah "RAY & KIM" dalam Heningnya Rahwana teringat sebuah flashback masa kecilnya.

"Simbok, besok aku dibuatin Sushi buat sarapan yooo... " rengek rahwana kecil pada simboknya sambil ngiler,ngeces liatin majalah usang yg sedang membahas tentang Sushi.

"Sushi ki opo??? " Simboknya rahwana bingung

"ini lho mbok,masakan jepang... " jawab rahwana sambil nunjukin majalahnya

"waini... simbok ya gak mudeng masakan ginian.. mbok pecel lele apa gurami bakar aja tho le... eh tp simbok lg bokek.. "

"apa tak maling ikan di kolam e pak lurah mbok... " Rahwana menjawab sekenanya sambil menahan rasa kecewa.

"NDASMUUUUU!!!! " bentak simbok sambil njewer telinga rahwana. "Pantang le..pantang maling biarpun kita kelaparan... simbok gak besarin kamu buat jadi maling... kita boleh miskin,kita boleh sengsara tp selama kita gak maling hak2 orang lain selama itu pula kita tetap layak dan pantas bangga menyebut diri kita manusia... "
"iya mbookkk... aku khilaf... maap... gomennasai.. " rahwana tertunduk lesu..membungkuk ala jepang terinspirasi bacaan di majalah tadi.

"diingat2 pesan simbok tadi lho... kalo kamu pengen makan ya kerja,obah,jangan ndekem ae.. kamu itu cah lanang lho... "

"nggih mbok... wis aku tak mancing saja ya di kali... " rahwana langsung cabut membawa peralatan memancingnya.

"ati2 yo le... ganbatte.. " simboknya agak mentel jg ngikut2in gaya rahwana.

Sebenarnya kali tempat Rahwana mancing itu terkenal angkernya,cuma Rahwana yg berani mancing disitu. gak ada satu orang pun yg berani,tempatnya rimbun dipinggir hutan keramat agak jauh dari desa tp disitu jg simboknya rahwana dulu nemuin rahwana waktu kecil pas dia kesasar nyari kayu bakar. Rahwana kecil kira2 umur 3 tahunan sedang bermain bersama seekor macan. Jd simboknya gak khawatir sama sekali,dia percaya hutan itu,sungai itu adalah pelindung rahwana.

"asam... sepi.. gak dapet apa2 dari tadi..jancuukkk..." batin rahwana sambil liat2 sekitar,langit jg sudah mulai gelap ada petir menyambar dan suara ledakan tp rahwana cuek saja,dia pikir sedang ada lelembut yg sedang sparing. Saat udah hampir nyerah rahwana melihat ada sesosok bocah kecil yg terapung. Rahwana langsung berenang mengejar bocah itu. Dia bawa ke pinggir kali. Biarpun rahwana gak pernah ikut pendidikan sar tp pernah baca2 soal cara menyelamatkan orang yg tenggelam. Dia meraba tubuh bocah itu,masih ada denyut nadi dan nafas. Dia berikan nafas buatan.. seperti di film2 bocah itu bangun,memuntahkan air...

"eomma..eomma... " kata2 yg keluar dari mulut bocah itu. Rahwana bingung.. rahwana gak paham kata2nya.. Dia langsung menggendong bocah itu lari secepat2nya pulang ke rumah.

"Simbookkkk... " rahwana berteriak sekencang2nya sambil membawa bocah itu masuk.

"ada apa le.... " simboknya kaget liat rahwana bawa anak kecil. "ini anaknya siapa??? "

"aku nggak tau mbok,td nemu dikali.. " Rahwana masih panik...

"Eomma.. eomma.. " cuma itu kata2 yg keluar dari mulut bocah itu diantara sadar dan gak sadar. Tubuhnya panas,demam luar biasa. "gimana ni mbok apa perlu dibawa ke klinik??? "

"asss.. klinik itu gak akan mau menampung orang2 kere seperti kita ini le.. "

"lapor pak lurah aja ya mbok... "

"pak lurah ma aparat desa lg kunjungan kerja ke yunani le... gak tau pulangnya kapan.. "jawab simboknya.

"masak sampai aparat desa segitunya tho mbok..asu kabeh!!!!! " rahwana jengkel banget kalo mikir soal aparat,birokrasi apalagi pejabat negara ini.

"hussss... jangan misuh.. ra elok lee... udah yg penting nyalametin anak ini dulu.. kamu kompres ya simbok mau buat bubur dulu buat dia nanti kalo bangun.. "

Rahwana ketika itu berumur 9 tahunan sedang anak itu kurang lebih 5 tahun. Tapi fisik rahwana itu jumbo,sudah seperti anak umur 17 tahunan.

Malam itu rahwana dan simboknya gak tidur sama sekali ngerawat anak itu. Antara cemas dan bingung juga itu anak siapa dan mesti gimana.

"mbook, kalo diliat wajahnya ma kulitnya ini bukan orang sini ya?? " tanya Rahwana sambil memeras air di kain untuk mengompres.

"iya le.. putih,matanya sipit tapi kalo cina bukan lah.. kalo nggak jepang ya korea ... "

"bentar mbok.... " rahwana penasaran ma kata2 bocah itu tadi.. dia bongkar2 barang dagangan simboknya nyari kamus korea.

"eomma itu artinya ibu mbokk.. berarti dia anak korea.. tapi kok bisa sampai sini ya.. "

"ealah.. bukannya korea lagi ada perang le.."

"iya mbok aku tadi juga dengar2 gitu dipasar.. berarti dia nggak sendiri kan mbok.. dia sama ibunya... "

"iya yo le.. lha ibunya gimana nasibnya sekarang.. mesakke.. kasihan juga nasib bocah ini kesasar sampai sini.. "

"besok pagi mbok biar aku kesitu lagi,siapa tau ketemu... "

saat dinihari anak itu bangun... demamnya sudah mulai turun.. hanya memanggil2 ibunya dan menangis yg dilakukannya.. Rahwana dan simboknya sampai bingung mesti gimana.. setiap disuapin selalu nolak.. Rahwana judeg,budreg,mau ngomong jg gak mudeng mesti ngomong apa. akhirnya dia pamit simboknya mau pergi ke hutan lagi menyusuri sungai siapa tau bisa menemukan ibunya.

Tiba2 rahwana ingat waktu sore itu dia mendengar suara ledakan.. setengah berlari dia menyusuri sungai.. ada potongan2 badan pesawat yg terbakar,berserpihan.. agak panik rahwana mencari2 siapa tau ada yg masih hidup. Dia hanya menemukan potongan2 tubuh,dia kumpulkan dan dia makamkan didekat situ.. dia mendoakan sebisanya sambil bingung mesti jelasin gimana sama simboknya. saat hari mulai siang dia berjalan pulang.. dia temukan sebuah kalung dg liontin yg didalamnya ada foto anak itu dg orangtuanya. Di bagian depannya ada ukiran nama "Kim Jong Un"

"Mbok,gimana masih rewel nggak dia??? " tanya Rahwana begitu sampai rumah.

"sedang tidur le, td mau aku suapin tp habis itu tidur lagi.. gimana kamu nemuin apa di hutan?? "

"ngeri mbok, ada bangkai pesawat yg terbakar sama bagian2 tubuh yg nyebar.. aku kumpulin dan makamin disana mbok.. " Rahwana sejenak diam sambil merogoh saku celananya.. "ini mbok,aku nemuin kalung.. nama anak itu kim jong un "

"mana le coba simbok liat.. " simbok rahwana memandang foto itu..ikutan lemes,berduka,nggak tega juga dan bingung mesti gimana jelasinnya ma kim jong un.

"mbok, gimana kalo dia diangkat jadi anak saja.. biar jadi adikku... "

"wah le, lha gimana dg biaya hidupnya,kita itu cuma pas2an pendapatannya.. lagian dia pasti punya saudara tho.. siapa tau nanti ada yg mencarinya... " jawab simbok rahwana

"ya selama dia belum ada yg nyari biar tinggal disini tho... apa simbok tega.. aku rela kok mbok separuh jatah makanku buat dia..lagian dulu simbok pas nemuin aku jg gak pakai mikir panjang tho ngangkat aku jadi anak.. "

"yowes... tp besok mesti dilaporin ke polisi ya le.. bisa2 kita nanti dikira menculik anak orang.. "

"deal ya mbok... aku pegang kata2mu... ini takdir mbok..takdir dari Gusti.." Rahwana memeluk simboknya sebagai tanda deal..

"iyo le... deal..deeeaaallll " jawab simboknya sambil ngusap rambut rahwana.Simbok Rahwana tau sebenanya rahwana itu anak yg baik,hatinya tulus cuma fisiknya aja yg sangar.. Rahwana jg sangat kesepian setiap harinya karena gak ada yg mau main dengannya.

Esoknya simbok rahwana ngelaporin soal nemuin bocah dan ada kecelakaan pesawat di hutan. polisi datang, wartawan jg datang.kim jong un jg difoto. Begitu tau tempat kecelakaanya di hutan yg angker polisi pada ngeper,down,nggak berani kesana. Wartawan jg pucat begitu dengar lokasinya disitu. Apesnya waktu rombongan polisi dan wartawan pulang malah kecelakaan masuk jurang sehingga berita tentang Kim jong un cuma jd berita lokal sekitar desa saja.

Hari berganti,tiada hari tanpa kesepian lg bagi rahwana. Dia punya adik yg unyu,mirip bobo ho waktu kecil. pipinya tembem udah gitu seperti bawa hoki dagangan buku loakannya laris terus. Keceriaan hadir terus dikeluarga itu. Awal2nya kim selalu murung tp dg telaten simbok dan rahwana berkombinasi menghiburnya. mereka mati2an belajar bahasa korea cuma buat Kim,untungnya ternyata Kim bisa bahasa inggris jg. Rahwana agak plong kalo inggris dia agak ngerti.

"your eomma, your simbok is pergi ke heaven,surga kim.. ini not kidding lho
dia pasti happy disana. but,tapi nggak usah khawatir.don't worry.. you dapat hyeong,big brader,kakang yg keren.. kakang rahwana.. oke! " sedikit kemlinti,keminggris dan narsis sambil mangku Kim di pasar nungguin jualannya rahwana bercerita pada kim.

"hyeong...big brade.. kakang.. " jawab kim sambil nunjuk muka rahwana.

"yeeessssss..gooooood... i'm your big brader.. kakak pertama..kakang rahwana.. kakang paling cool di dunia ini.. coba panggil kakang rahwana ,kim... kakang pengen denger.. "

"kakang Ray... " kim memanggil rahwana

"nooooooooooo..bukan ray..not ray..kakang rahwana... " jawab rahwana agak kaget

"kakang Ray... RAY..RAY.... " Kim nunjuk muka rahwana sambil sedikit berteriak..

"asssmbooohh.. sak karepmu kim.. jancukkkk masak aku dipanggil ray ma kim mbok.. " rahwana sambat,tepok jidat sambil nglirik simboknya.

"yo malah keren tho leee.... goood..gooood... "jawab simboknya sambil ngacungin jempol ke arah rahwana tp dg muka penuh nahan tawa.

"iyo kui..kerenan ray lho daripada rahwana.. Goood..." penjahit samping lapak yg kebetulan denger percakapan rahwana ikut nimbrung sambil ngakak.

"meneng o mbah subur..diam.. nggak usah ikut2an.. " rahwana agak jengkel. diam sesaat lalu buka2 majalah dia ingat pernah baca tentang ray.. ray charles seorang musisi yg keren menurutnya.rahwana kebetulan jg suka musik,hampir setiap hari dia dengerin musik soalnya sejak kecil karena samping lapaknya penjual dvd bajakan.

"good... gooooood.. keren jg ternyata mbok nama ray... thank kim.. ray is goooood... " ngecup keningnya si kim yg sekarang dipangku simbok. rahwana girang sambil berlari ke arah penjual dvd " pakde,aku setelke Ray Charles tho... "

"weh... nggolek dewe.. cari sendiri tho le.." jawab pakde Bono.. nama aslinya subono tp karena dia fans berat vokalis u2 mintanya dipanggil bono dg logat inggris.. .
"waiki..ini pakde.. I can't stop loving you..sepertinya keren ini lagunya Ray charles" rahwana sambil mainin track ray charles di dvd playernya pakde bono...

(I can't stop loving you)
I've made up my mind
To live in memory of the lonesome times
(I can't stop wanting you)
It's useless to say
So I'll just live my life in dreams of yesterday
(Dreams of yesterday)
Those happy hours that we once knew
Tho' long ago, they still make me blue
They say that time heals a broken heart
But time has stood still since we've been apart

Rahwana ngikutin nyanyi sambil bergaya seperti penyanyi betulan.. Si kim digendong..simboknya dicium keningnya.. 3 x an lagunya diulang rahwana.. "ray is cool... ray is good... " cengar cengir sambil nyiumin pipi si kim yg meluk rahwana erat banget ikut2an nyanyi lagunya juga. Orang2 sekitar pada ketawa lihat gayanya si rahwana.. eyang subur ma pakde bono jg ketawa.. simbok ketawa.. Pagi yg indah menjalar di hati orang2 yg melihat tingkah keduanya. Kebahagiaan dalam kesederhanaan...

"Kim,you know..you juga dapet simbok baru..new eomma.. the best simbok in the world.. dont cry..never ever cry again...oke! You will never walk alone Kim..never walk alone... " bisik rahwana di telinga kim sambil berkaca2 matanya.. kim jg berkaca2 dan makin memeluk erat rahwana..

Rahwana punya keyakinan setiap manusia itu bisa komunikasi dg hati..apa yg disampaikan dari dasar hati pasti bisa ditangkap oleh hati juga walopun pengucapannya nggak benar.. (bersambung)

No comments:

Post a Comment