Translate

Sunday, February 2, 2014

Rahwana In Love Edisi Khusus Valentine Part 3



Rahwana In Love Edisi Khusus Valentine Part 3
(selamat tinggal cinta..  )

#membayar utang rasa pada kawan sejalan yg semalam berduet biola dan gitar memainkan lelaki dan telaga..

Di Akhir Part 2 Khayangan lagi geger gara2 tangisan arwah simbok rahwana yg tiada henti membuat suasana tidak tenang. Dewa2 tidak bisa istirahat sama sekali. Kerjaan kacau terbengkalai. Batoro Guru presiden para Dewa nggak mau tau semua persoalan dia serahkan pada Yamadipati dewa kematian yg udah nyabut nyawa Aryati dan Kamajaya dewa cinta yg udah bikin kisah cinta setragis itu buat aryati dan Don Juan De Marno.

 Kamajaya dan Yamadipati padu, engkel2an dan saling menyalahkan. Bahkan sudah siap2 beradu kesaktian nggak ketemu jg jalan keluarnya. Mereka panik karena sudah diultimatum Batoro Guru kalo kasus ini tidak selesai hari ini juga jabatan mereka akan dicopot. Batoro Guru benar2 lagi sensi karena kebetulan saat itu sedang musim dingin dan sakit giginya kambuh dan tambah bunek denger tangisan aryati. Kamajaya vs Yamadipati. duel yg keliatannya akan seru walopun kamajaya itu dewa cinta tp kesaktiannya super jg sedang Yamadipati jgn diragukan lagi seabrek kesaktiannya.


" Don Juan DeMarco kui kan titisanmu tho Kamajaya.. Lha DeMarno itu anaknya DeMarco berarti yo masih turunanmu. mbok ya kisah cintanya jgn kamu buat kejam2 gini.. " Tiba2 Batoro Narodo hadir dan menengahi keduanya sambil njewer kuping Kamajaya dan Yamadipati.

"kamu juga salah Yamadipati.. berdasar itung2anku dan data dari daftar kantormu nyawanya aryati itu kamu cabut sebelum waktunya. Wajar kalo arwahnya tidak tenang seperti itu.. " kening yamadipati dikeplak oleh narodo sambil nunjukin data dan riwayat hidup aryati.

Mereka berdua mlongo,ndlongop sambil nyembah2 sama Narodo sekjen para dewa di Khayangan.

" Anu Kangmas Narodo anu... " Kamajaya glagepan.. bingung mau mengawali jawabannya gimana.

"Anu piyeee... Gimana.. njawab yg jelas tho Kamajaya" Narodo yg biasanya nggak pernah marah kali ini agak jengkel.

" Saya tau Kangmas kalo Demarno itu masih turunan saya tp saya cuma mau nunjukin bahwa saya nggak nepotisme. Turunan saya nggak melulu enak saja uripnya. Biar ada jg yg kisahnya perih.. " Kamajaya ngeles.

"Kamajaya.. Cinta kamu buat nggak memandang kelamin jadi bermunculan gay dan lesbi di dunia sana aku masih nyante tapi kalo kasus yg satu ini wis lah di gawe penak ae. DeMarno mencintai wanita yg nggak cantik mendekati medeni ky aryati itu udah menderita lho jgn diperparah lagi.. " Narodo bisa mengendalikan amarahnya dan mulai memberi masukan

"Wah bener Kangmas Narodo... Aku salah timingnya nyabut nyawa bocah ini.. " Yamadipati kemringet, Keringat dingin meluncur dg deras kaget waktu baca riwayat hidup aryati. Sambil ngucek2 matanya dan membersihkan kacamata bacanya yg jarang dia pakai karena jaim dan malu ada dewa kena kelainan mata.

"Lhaaa.. ya tho Yamadipati... " narodo menjitak kepala Yamadipati saking gemesnya.

"Wis piye arep digawe piye neh saiki... Demarno aku pantau terus sekarang kesasar di hutan dan gila. Aryati yg bisa melihat penderitaan Demarno nangis sepenuh hati sampai bisa nembus telinga2 semua dewa walopun udah pake headset.. " Narodo merenung sejenak. Berpikir dg dalam.

"Anuuu kangmas... " Yamadipati ikut2an kamajaya pake anu2an..

"Piye neh..ada apa lagi Yamadipati.. " narodo melotot memandang yamadipati yg semakin ketakutan.

" Demarno itu nyawanya masih panjang tp kalo Aryati tinggal sebulan lagi.. Walopun bisa dihidupkan lagi tapi tidak bisa lama di dunia.. " Yamadipati nunjukin data aryati pada narodo. Narodo dan kamajaya  sama kagetnya sambil melihat data tersebut.

"Waduh piye neh tho iki.. lahir susah.. urip susah..mati pun mereka masih susah..  Wah aku nggak mau tau juga pokoknya harus ada kompensasi gara2 kesalahan kalian ini.. Kamu Yamadipati hidupkan lagi aryati dan pertemukan dia dg Demarno. Sedang kamu Kamajaya.. Mboh piye carane entah gimana caranya kamu seneng2in dua orang itu nanti. Kalo batoro guru cuma menghukum kalian dg turun jabatan maka kalo aku akan memberi kalian hukuman ku kutuk jadi asuuuu kalo sampai gagal membahagiakan mereka... " narodo muring2 sambil nyengkiwing kedua dewa tersebut lalu menghilang.

Yamadipati dan Kamajaya pucat lalu berdamai dan bagi2 tugas. Yamadipati meluncur menemui arwah aryati dan meberi penjelasan serta memohon maap ada kesalahan prosedur serta memberi tau kompensasinya dia akan dipertemukan dg Demarno lagi. Seketika tangis Aryati terhenti. Satu tugas berhasil. Sedang Kamajaya langsung meluncur ke Bumi dan mulai menjalankan rencananya.

Di belahan belantara itu demarno udah gak karuan. awut2an rambutnya sebagia malah udah jadi gimbal dan kumis tipisnya sudah setebal ulat pohon serta berewokan tidak terurus tp tetap masih terlihat ada sisa2 ketampanannya. Saat itu kabut tebal dan demarno jg cuma berjalan tak tentu arah kemudian berhenti di sebuah pinggiran telaga. Sayup2 dia dengar suara kencrong dan nyanyia merdu yg sepertinya berasal dari tengah telaga itu.

Lelaki hanya berdiri, di tepian telaga
Menyusuri kesunyian hati, ada rindu dalam hatinya
Ada embun jatuh setitik, di ujung hatinya

Pada air ia berkaca, membayangkan kekasih
Bersandar pundak di sisinya, ranting jatuh air memecah
Di dalam lingkaran air, lelaki sendiri

Pada embun ia bertanya
Pada ranting ia bertanya
Untuk apa bertemu kalau nanti berpisah
Untuk apa bercinta kalau nanti bersedih
Ranting tertunduk membisu
Embun terdiam kelabu

Lagu itu judulnya Lelaki dan Telaga ciptaan Franky Sahilatua yg dinyanyikan oleh Kamajaya dg iringan kencrung sakti pusakanya. Kelebihan pusaka ini seperti cimeng kalo lagi bahagia yg dengar super bahagia sedang kalo lagi sedih bisa jeruuuuu..dalam banget sedihnya. ( Kelak ini jadi salah satu pusaka yg dipegang rahwana )

Demarno mendengar lagu itu jadi terhanyut dan bayangan aryati semakin jelas di angannya. Menangislah ia sekeras2nya sambil mengutuki kejamnya takdir yg merenggut nyawa wanita idamannya. Kegilaanya berangsur2 menghilang mendengar lagu itu kesadarannya secara perlahan pulang ke otaknya tapi sedihnya semakin menjadi2. kenangan serasa berubah seperti sayatan pedang di hatinya. mengiris2 ketabahannya menjadi serpihan airmata.

 Kamajaya tiba2 sudah berada di samping demarno yg karena sedihnya tak menyadari sudah ada seorang Dewa di sampingnya. Bahkan saat itu sampai2 Kamaratih istri dari kamajaya ikut mendampingi suaminya menjalankan misi itu.

" i know how you feel demarno.. " Kamajaya mengelus rambut demarno sambil mengalirkan energi untuk memulihkan fisik Demarno yg memang nyaris di titik sekarat terluka batin dan raganya. Seketika Demarno tersadar dan menyembah dewa dewi di depannya.

"Duh dewa.. lakon apa ini yg harus saya perankan.. kenapa dewa setega ini pada saya. " Sambil menangis demarno bertanya kepada kamajaya.

Di Khayangan semua kejadian ini sekarang menjadi tayangan langsung yg ditunggu2 kelanjutannya oleh para dewa bahkan semua drama korea dan jepang tayangannya dihentikan sementara. Setelah ada berita tentang latar belakang kejadian ini semua jadi iba dan penasaran.

Kemudian kamajaya mengenalkan diri siapa sebenarnya dirinya dan bahwa demarno itu masih keturunannya. Dengan gaya flamboyan Kamajaya bercerita.

" Demarno.. Kalo saja aryati bisa dihidupkan kembali apa yg akan kamu lakukan.. " Kamajaya tiba2 bertanya.

" Saya berjanji akan menikahinya dan membahagiakannya.. menjadikan dia wanita satu2nya di hidup saya gusti kamajaya.. bahkan saya bersedia menukar nyawa saya cuma untuk melihatnya sekali lagi.. " Jawab demarno sambil terisak.

" hmmm... ketahuilah Aryati akan hidup sekali lagi. akan dipertemukan dgmu disini..Tak perlu kamu menukar nyawamu. Dia akan kesini sebentar lagi. " Sambil mengedipkan mata memberi kode pada kamaratih agar segera membawa Aryati ke tepi danau itu karena aryati masih di tempat Yamadipati.

"Terimakasih Gusti Kamajaya..terimakasih... " Demarno menyembah sampai2 mencium kaki Kamajaya sebagai tanda syukurnya.

"Tapi ada satu kondisi yg mungkin tidak akan menyenangkanmu.. Nyawa Aryati tinggal 30 hari jadi nikmatilah 30 hari itu sebaik2nya.. " Kamajaya dg pelan dan halus menjelaskan tentang takdir nyawa aryati.

seketika jg demarno tak sanggup berkata2 lagi. terdiam beberapa saat tertunduk lesu. Kamajaya tak sanggup berbuat lebih dari itu karena soal nyawa yg punya kuasa cuma Yamadipati. Di khayangan dewa2 jg shock mendengarnya dan mulai menyalahkan yamadipati yg tega banget membuat nyawa aryati sependek itu.

" Lebih baik saya mati sekarang saja gusti kamajaya, apalah arti saya hidup tapi nanti tak bisa bersama lagi dg aryati. 30 hari tak akan cukup bagi saya untuk membahagiakan dan membalas semua kebaikannya kepada saya.. lebih baik saya hidup di neraka asal bisa bersama dia selamanya... " Demarno nekat mengambil pedang kamajaya dan mengarahkannya ke dadanya.

Kamajaya kaget gak tau harus gimana lagi langsung calling Yamadipati melaporkan kondisi misinya. Yamadipati saat itu yg sedang bersama kamaratih menyiapkan aryati untuk dipertemukan dg demarno langsung turun ke telaga.

" Demarno, kamu benar2 tidak tau diri.. sudah kuhidupkan lagi aryati kamu masih minta lebih.. " bentak Yamadipati. Yamadipati orangnya memang dingin gak peduli perasaan orang.Maklum kerjaannya memang menyabut nyawa sehingga terbiasa tak mempedulikan perasaan manusia.

"Wis lah kamu mati sekalian saja aryati jg kumatikan lagi aku sudah tidak peduli dg semua ini. mau dilepas jabatan..mau dikutuk jadi asu juga biarin.." Yamadipati murka.

Seketika jg narodo yg dr awal sudah mengawasi dr jauh langung menghantam kepala Yamadipati dan menarik Yamadipati dan kamajaya menjauh.

" Yamadipati.. kamu kalo habis ini tidak berubah jg pendapatnya cuma berubah jadi asu.. aku akan kutuk kamu jadi tai asu!!!" Narodo membentak dg penuh amarah.

"Lha harus gimana lagi Kangmas narodo. aku sudah habis akal dan sabar iki.. " yamadipati terlihat pasrah.

"ingat semua kejadian ini karena kesalahan kalian berdua. Kewajiban kalian lah memperbaikinya. Wis gini saja lah. Kedua orang itu saling mencintai tp salah satunya memang harus mati karena takdirnya. Kita serahkan semua pada demarno pengennya gimana.. anggap saja itu salah satu kompensasi dari kesalahan kalian. Kamajaya ingat walo sebenarnya kamu tidak begitu salah tp ini ada request dari para dewa agar kisahnya ada indah2nya jg.. " Narodo mencoba ngasih solusi.

Setelah berbagai perdebatan akhirnya kamajaya jadi perwakilan ngomong ke demarno yg masih nekat mau bunuhdiri.

"Bisaku membantu cuma ini demarno. ada beberapa opsi bagimu tp yg pasti wajib ada yg mati salah satu dari kalian dalam 30 hari ini agar keseimbangan takdir tetap berjalan. Opsi pertama kalian bersama
selama 30 hari lalu aryati mati. Opsi kedua kau yg mati.. " Dengan berat hati Kamajaya memberi penjelasan pada keturunannya itu.

lama demarno merenung tak mampu menjawab. Kedua opsi itu sama beratnya tp kalo dia bunuh diri yamadipati malah mengancam tidak akan pernah menyatukan mereka di alam kematian nanti baik itu di alam surga maupun neraka.

" Aku beri kau 1 butir obat ini sajalah demarno.. Bila nanti kau ingin menukar panjangnya nyawamu dg aryati maka  di hari terakhirmu telanlah maka kau akan moksa. tapi bila kau rela aryati mati maka buanglah pil ini ke danau itu. yang penting sekarang kau bisa bersatu dg Aryati biarpun cm 30 hari itu da tidak sama sekali. nikmatilah sebisamu...." Akhirnya kesepakatan tercapai dan tak berapa lama kemudian tepi danau itu sudah diubah oleh kamajaya menjadi tempat yg indah, rumah yg mewah dan penuh taman yg luarbiasa indahnya.

Pernikahan pun terjadi di situ. Disaksikan para dewa yg ikut turun ke situ karena terharunya. banyak yg memberi kado dan berkah tp dalam hati ikut bersedih akan takdir yg menanti 30 hari kedepanbahkan batoro guru bersama istrinya pun datang. Istrinya yg hobi membawa tustel pun mengambil gambar mereka berdua dan foto itulah yg tersimpan di dompet simbok..paham! (niru gaya bu ani di instagram :v ) Mungkin hanya aryati yg tidak tau akan apa yg menantinya nanti kedepan.

Pertemuan keduanya dipenuhi rasa haru.aryati sebenarnya sudah diubah dan dirias menjadi cantik oleh kamaratih tp malah demarno nggak setuju akhirnya dikembalikan ke bentuk asal yg biarpun didandani kayak apapun tetap mukanya seram tp dg berbagai trik kamaratih bodinya diubah super seksi.

pendek kata 29 hari berlalu dg penuh kebahagian bagi mereka berdua seperti di surga. Pelayanan vvvvip lah pokoknya semua ditanggung Narodo sebagai sponsor utamanya.

Pada hari terakhir sampai disiarkan full dan live di khayangan. batoro guru yg biasanya nggak peduli pada soal gituan bahkan ikut2an mantengin. mereka semua penasaran apa nanti pilihan demarno di hari terakhir ini.

Seharian dipuas2kan oleh demarno untuk menyenang2kan aryati bahkan sampai bernyanyi puluhan lagu cinta dg kencrung rojobronto pemberian Kamajaya.

Pagi berganti siang... siang berganti sore dan malam pun menjelang.. Bulan purnama saat itu bersinar terang. Pelan perlahan demarno melepaskan pelukan aryati yg sudah tertidur. Dia sadar inilah hari penentuan pilihannya. Apakah dia yg harus pergi dulu atau Aryati yg harus mendahuluinya. Dia sudah memegang pil pemberian kamajaya. Dia duduk termenung sejenak memandangi wajah aryati.. dia cium keningnya.  Dia bangkit dan mengambil kencrung rojobronto keluar rumah duduk di tepian danau dan menyanyikan lagu yg pernah ia dengarkan dulu waktu dinyanyikan kamajaya .

Lelaki hanya berdiri, di tepian telaga
Menyusuri kesunyian hati, ada rindu dalam hatinya
Ada embun jatuh setitik, di ujung hatinya

Pada air ia berkaca, membayangkan kekasih
Bersandar pundak di sisinya, ranting jatuh air memecah
Di dalam lingkaran air, lelaki sendiri

Pada embun ia bertanya
Pada ranting ia bertanya
Untuk apa bertemu kalau nanti berpisah
Untuk apa bercinta kalau nanti bersedih
Ranting tertunduk membisu
Embun terdiam kelabu

Dia menyanyi sambil tanpa sadar meneteskan air mata. Dia mencoba menahan tangis sambil terkapar di rerumputan merenung dan lama kemudia membulatkan tekadnya. Berjalan memasuki rumah lagi dan duduk sambil menulis sebuah surat.Penuh tetesan airmata dan berat hati dia menuliskan surat itu. lama kemudiaa dia selesai dan meletakkan surat itu di bantalnya. Dia telan pil pemberian Kamajaya itu sambil mencoba memeluk tubuh aryati dan mencium bibirnya. Keajaiban terjadi tubuh demarno menjadi seperti ribuan kunang2 yg berpendar dg indah dalam kegelapan. semakin lama semakin menghilang demarno moksa meninggalkan aryati malam itu untuk selamanya. Dia menggantikan kematian aryati dan meninggalkan dunia lebih dulu. satu dua tetes air mata terakhirnya sempat menetes di wajah aryati.. Kenang2an terakhirnya di dunia dengan diiringi ucapan lirihnya

"Selamat tinggal cinta"

Bersambung beberapa jam kemudian.. :))



No comments:

Post a Comment