Translate

Thursday, January 30, 2014

Wisanggeni ( Terpujilah engkau yang terkuat diantara deretan orang terkuat sepanjang imajinasi manusia.. )

Pic : pilgrim74.wordpress.com

Wisanggeni 
( Terpujilah engkau yang terkuat diantara deretan orang terkuat sepanjang imajinasi manusia..  )

Sebenarnya susah saya membuka cerita tentang karakter yg satu ini. Saya malah jadi membayangkan cerita bapak saya dulu yg waktu saya masih dalam kandungan hobi bapak saya baca kho ping hoo sambil jagain ibu. Beberapa tumpuk koleksinya masih bisa saya temukan dulu waktu saya awal belajar membaca. Sebelum TK saya emang diberkahi udah bisa lancar membaca dan Kho Ping Hoo salah satu bacaan wajib saya. :)) Beberapa hari ini saya khususkan cari2 pdfnya Kho Ping Hoo buat reuni masa kecil dulu. Kalo ada waktu senggang saya sempat2kan membaca dan pilihannya jatuh di Bu kek Siansu.

Dihubungkan dg Wisanggeni maka saya tak bisa menolak kalo ada yg mengibaratkannya seperti Bu Kek Siansu. Manusia yg dg masa kecil sengsara tp kemudian menjadi tokoh terkuat dikisahnya sudah tidak ada yg bisa menang melawan dia. Kalo dalam manga crows karya Hiroshi sensei saya ibaratkan dia adalah Rindaman, Dalam lanjutan crows yg judulnya worst yg masih berkisah tentang Suzuran maka dia adalah
Hanaki Guriko.. the Demon King. Gak ada lawannya. Gak ada yg bisa menang melawan mereka.

Beruntunglah saya yg masa kecilnya stasiun tvnya yg ada baru TVRI, Malam2 masa kecil saya yg memang hiperaktif saat tak bisa tidur sering diceritain tentang wayang dan karakter wisanggeni lah yg paling membuat saya jatuh hati pada wayang.

Sebenarnya karakter Wisanggeni itu kalo di versi aslinya dari india sana tidak ada. Karakter ini cuma ada di versi  jawa. Kisah wisanggeni tidak bisa tidak harus dimulai dg kisah bapaknya, Arjuna pernah berjasa besar saat mengalahkan Raksasa Niwatakawaca saat membuat geger khayangan. Batoro Guru waktu itu membuat sayembara siapa yg bisa mengalahkan Niwatakawaca akan dijodohkan dg Dewi Dresanala putri dari Batoro Brahma.Akhirnya Arjuna menang dan menikah dg Dresanala.

Seperti drama2 korea selalu saja kisah cinta dibuat tak mulus selalu ada halangannya. Sebenarnya Brahma tidak setuju dia punya menantu manusia. Di lain pihak putra Batari Durga yg bernama Dewasrani yg juga anak kesayangan Batoro Guru jatuh hati sama Dresanala. Dewasrani gak mau nikah kalo gak sama Dresanala. Sambat sama ibunya,batari durga pokoke nik ora karo dresanala mending ora nikah san. Pokoknya harus sama dresanala. Durga sebenarnya udah menasehati Dewasrani bahwa dresanala sudah jadi istri Arjuna. Semua profil2 dewi dan bidadari khayangan yg masih single ditunjukan padanya tp Dewasrani ttp nolak. Karena gak kuat akhirnya Durga sambat sama Batoro guru. Batoro Guru kalah dan berjanji akan menyingkirkan Arjuna kemudian menikahkan Dresanala dan Dewasrani.

Rencana jahat pun berjalan. Brahma dipanggil Batoro Guru disuruh mengambil paksa Dresanala dari Arjuna dan mengusir Arjuna dari khayangan.  Batoro Brahma jg setuju karena pada dasarnya dia jg gengsi punya menantu manusia. Singkat cerita Arjuna diusir dari Khayangan  Padahal Posisi Dresanala saat itu sedang hamil. Arjuan saat itu sampai memohon setidaknya dia diijinkan menunggui istrinya sampai melahirkan tp dia malah dihajar dan di banned dr khayangan. Tidak boleh lagi menemui Dresanala. Batoro Indra yg merupakan ayah Arjuna tidak terima. Indra Vs Brahma bertempur habis2an tp sama kuat. Akhirnya Arjuna ngalah di turun ke bumi drpd khayangan jd geger dan hancur. Dg berat hati Arjuna terdepak, Turun ke Bumi pun Arjuna setengah gila tak kuat menahan beban. Hari2nya di bumi dilewati dg bertapa memohon anugrah agar bisa bertemu lg dg Dresanala.

Kembali ke Dresanala, Begitu Brahma mengetahui anaknya sedang mengandung benih arjuna langsung memaksa agar diaborsi. Dresanala menolak habis2an ide itu tp sekuat2nya Dresanala apalah artinya dibanding kekuatan Brahma. Janin itu lahir prematur bahkan perlakuan brahma pd janin itu sangat kejam. Dia mencoba menggigit leher wisanggeni tp cucunya itu kebal padahal brahma itu dewanya racun.  Ada beberapa versi setelahnya. ada versi yg menceritakan setelah itu wisanggeni dijadikan bulan2an para dewa dihajar habis2an padahal baru berupa janin tp tidak mati jg kemudian dibuang di kawah candradimuka. Saya agak lupa pada bagian ini tp seingat saya versi bapak saya dulu setelah dibuang di kawah candradimuka wisanggeni diselamatkan oleh Batoro narodo yg merupakan sekjen para dewa, Penasehat batoro guru yg pd peristiwa itu sebenarnya sangat marah akan rencana batoro guru tp terlambat mengetahuinya dan tidak diminta pertimbangannya sama sekali.

Batoro Narodo tidak tega melihat wisanggeni dimasukkan ke kawah, Narodo turun ke kawah mengira wisanggeni telah mati tp ternyata belum mati dan merangkak ke atas. Wisanggeni yg masih kecil itu muncul dg wujud dewasa menghajar sebisanya pada narodo yg tak tega dan tak sanggup melawan. jangan bandingkan janin manusia dg turunan dewa. :))

Kemudian wisanggeni diberi penjelasan peristiwa sebenarnya termasuk dijelaskan pula siapa sebenarnya ayah ibunya dan kondisi ibunya yg saat itu dibawa paksa ke Khayanga Setro Gondo Mayit tempat Dewasrani. Narodo pun meminta agar ssuatu saat nanti Wisanggeni balasdendam pada para dewa yg telah menghancurkan hubungan ayah ibunya dan mencoba membunuhnya.Oleh narodo kemudian wisanggeni dititipkan kepada sang hyang antaboga sang penguasa lautan agar di didik dan dilatih.. Ada versi yg menyebutkan setelah tidak mati digigit Brahma lalu dibuang ke lautan dan membuat geger lautan karena tiba2 suasana lautan menjadi panas dan banyak penghuninya mati. Mungkin itu karena efek dari Racun dan api. Brahwa merupakan dewa racun dan api. Kemudian oleh Narodo, Antaboga diberi penjelasan penyebabnya dan diceritakan tentang asal usul wisanggeni dan disuruh mendidiknya.

Pada intinya ada kesamaan wisanggeni tidak mati dan dirawat Antaboga. Wisanggeni memang mirip Bu Kek siansu. Semua ilmu kesaktian dipelajari dg supercepat. Wisanggeni memang tidak diajari sopan santun maka dlm stylenya mirip pamannya,Werkudoro yg tidak bisa ngomong halus. Tapi sama jg dg Werkudoro. hatinya bersih, pure soul. Apa yg keluar dari mulutnya itu pula yg keluar dari hatinya. Jiwanya baik dan bersih. kelebihan wisanggeni yg lain itu dia super cerdas. Tak ada yg bisa menang debat lawan dia termasuk masternya debat kresna.

Wisanggeni diceritakan punya kemampuan super. Bisa berjalan di air,menembus bumi dan terbang. Setelah tiba waktunya oleh narodo dia diminta menemui bapaknya. arjuna yg saat itu sedang berkumpul dg para sodaranya pandawa kaget ada orang yg mengaku anaknya dg gaya bloko suto dan tidak berbahasa halus sama sekali. Singkat cerita untuk membuktikannya wisanggeni berkelahi dg semua pandawa termasuk dg bapaknya dan semua pandawa kalah. Narodo pun datang dan menjelaskan semua kemudian arjuna dan wisanggeni diminta untuk ke khayangan dan merebut kembali dresanala.

Wisanggeni berangkat ke khayangan bersama Arjuna. Dia hina habis2an semua penghuni Khayangan dg style yg benar2 slengean sesukanya tanpa menaruh rasa hormat sama sekali. Para dewa tidak terima dan mencoba melawan tapi tak ada satu pun yg bisa menang termasuk Batoro Guru sang pemimpin khayangan. Oleh narodo kemudian semua dibeberkan di hadapan batoro guru. Siapa sebenarnya wisanggeni yg merupakan titisan dari dewanya dewa Sang Hyang Wenang. Batoro guru menyadari kesalahannya,Dresanala kembali bisa bersatu dg arjuna.

Dan Seperti yg sudah2 kalo kisahnya arjuna soal cewek itu seringnya berakhir indah. Ibunya dan bapaknya bisa berkumpul kembali sedang wisanggeni tinggal di Khayangan alang2 Kumitir tempat Sang Hyang wenang.

Kalo Ngomongin Wisanggeni si bisa api ini sebenarnya secara logika pas perang Baratayudha tinggal nurunin wisanggeni saja sudah cukup buat menghancurkan semua kurawa tp oleh sang hyang wenang dilarang malah dibilang kalo dia ikut perang pandawa yg kalah. Gak asik dong masa cerita soal pandawa yg jd heronya malah wisanggeni. :)) Malahan Oleh sang Hyang wenang wisanggeni diminta moksa sebagai tumbal kemenangan pandawa.

kalo ada yg sebanding kemampuannya soal kesaktian dg wisanggeni mungkin cuma sepupunya Ontoseno,anak bungsu dari werkudoro. Tapi Ontoseno kalah soal kecerdasan. Kembali ke mahabarata ada ending yg benar2 saya benci soal baratayudha. Tak ada 1 pun anak pandawa yg tersisa. semua mati berkorban demi orangtuanya.  kalo ditelusuri lagi itu adalah salah doa Arjuna pada dewa yg meminta kemenangan dan keselamatan pandawa dan dia lupa meminta keselamatan anak2 pandawa sampai2 werkudoro kaget dg doa arjuna itu.

Tambahan dikit ada yg terlupa,wisanggeni cuma bisa berbahasa halus dg Sang Hyang wenang, selain itu gak ada. :))

Wisanggeni.... Bu Kek Siansu.. Rindaman.. Guriko.. sementara berakhir pukul 2 : 45 dini hari ini.

No comments:

Post a Comment