Translate

Tuesday, September 23, 2014

Duryudana dan cinta sejatinya #Drama Satu Babak #Banowati oh banowati

( Maharesi Durna telah mengajarkan padaku berbagai macam ilmu dan kesaktian tapi dari ratusan ilmu itu tak ada satupun  yang mampu menghadapi serangan cinta... Dari awal sampai akhir aku bertekuk lutut di hadapan cinta..  ::: Duryudana ::: )

Pernahkah melihat seorang lelaki yg berkumis tebal dan berbadan kekar menangis sambil memeluk guling? Langka... sangat langka.. tapi malam itu seorang ksatria yg terkenal sangarnya,brangasannya,kejamnya dan bermacam watak yg seharusnya jauh dari air mata terkapar seperti tak bernyawa. Sisi lain dari seorang Duryudana yg jarang terlihat lemahnya tertangkap mata oleh Batara Kamajaya dan Kamaratih sang penguasa cinta.,

Duryudana mabuk berat minuman bergambar tiga dewa Cong Yang dan bermacam2 minuman kelas kebawah dan bawahnya lagi semacam ciu dan anggur orang tua. Rokok Marlboro merah sudah habis dua bungkus.Sebuah lagu dari Repvblik, sandiwara cinta diulang berkali2 di playlist winamp laptopnya.

Aku tahu ini semua tak adil
Aku tahu ini sudah terjadi
Mau bilang apa aku pun tak sanggup
Air mata pun tak lagi mau menetes

Alasannya seringkali ku dengar
Alasannya seringkali kau ucap
Kau dengannya seakan ku tak tahu
Sandiwara apa yang telah kau lakukan kepadaku

Jujurlah sayang aku tak mengapa
Biar semua jelas telah berbeda
Jika nanti aku yang harus pergi
Ku terima walau sakit hati

Mungkin ini jalan yang engkau mau
Mungkin ini jalan yang kau inginkan
Kau dengannya seakan ku tak tahu
Sandiwara apa, ceritanya apa, aku tahu

Jujurlah sayang aku tak mengapa
Biar semua jelas telah berbeda
Jika nanti aku yang harus pergi
Ku terima walau sakit hati

Jujurlah sayang aku tak mengapa
Biar semua jelas telah berbeda
Jika nanti aku yang harus pergi
Ku terima walau sakit hati Ku terima walau sakit hati

Berkali2 pula diantara alam bawah sadar dan atas sadarnya Duryudana menyanyikannya dg linangan air mata di ruang pribadinya yg kedap suara tapi suara hatinya yg sangat dalam sampai bisa menembus khayangan dan terdengar sangat menyayat hati. Kamajaya dan Kamaratih sebenarnya tahu apa penyebabnya karena mereka memang yg bertugas membuat kisah cinta Duryudana dan Banowati. 

Malam itu adalah malam kedua Duryudana shock berat ketika tidur dg istrinya, Banowati mengigau lagi menyebut nama Arjuna saat dia dalam pelukan penuh dg nada mesra. Nada yg tak pernah di dengar oleh Duryudana saat Banowati berbicara padanya. Sebenarnya Duryudana tahu hati dan cinta Banowati sejak lama itu memang buat Arjuna tapi apa mau dikata dia dituliskan kisah cintanya memang hanya 1 kali saja dan sialnya itu pada seorang yg hatinya sudah terenggut orang lain. Ada harap dalam diri Duryadana semoga sedikit demi sedikit hati Banowati bisa dimilikinya.

Duryudana memang tak pernah memikirkan cinta dan dekat dengan wanita tapi sekalinya hatinya jatuh ternyata isinya derita. Malam ini malam kedua pernikahannya dg Banowati dan lagi2 dia mendapatkan siksaan cinta. Sebenarnya cintanya tulus setulus putihnya bunga teratai yg hidup diantara lumpur watak2 jahatnya. Dia bahkan tak mempermasalahkan tentang fisik banowati, mau perawan atau tidak bagi dia tak mengapa. 

Pada akhirnya fisik Duryudana tak mampu menahan perihnya rasa. Dia terkapar sambil memeluk bantal dan mencium botol cong yang favoritnya. Ada perih juga di dada Kamaratih dan Kamajaya melihat korban dari kerjaan mereka. Malam itu Tanpa sengaja mereka membaca Diary Duryudana yg tergeletak di lantai. Isinya di awal cuma kata2 makian dan sumpah serapah satu dua kata dengan huruf besar semua seperti terkancing tombol capslock di laptop lah. tanpa nilai seni dan gak ada romantis2nya tapi kemudian ada sebuah halaman yg menarik perhatian mereka.

Dear diary,
Apakah cintaku bisalah dicari diantara kepingan derita.
Bila benar cinta untukku itu ada, ini hati penuh luka siapa punya?

Lembar dari buku harian Duryudana benar2 menarik hati sepasang dewa dewi cinta itu untuk melanjutkan membaca halaman berikutnya. Sambil menahan perasaan mereka memberanikan diri melanjutkannya. mereka terkejut akan sisi lain seorang Duryudana yg benar2 jauh dari imej yg beredar di dunia.

Dear diary,
Aku dijodohkan hari ini dg anak pertama Prabu Salya,namanya Erawati. Dia cantik, dia baik, tapi entah kenapa aku tau pasti itu bukan cinta. Ada rasa janggal di hati yg tak kutau pasti apa namanya.

Kamajaya tersenyum sambil membuka halaman berikutnya. 

Dear diary,
Pertunanganku dg Erawati putus di tengah jalan. Baladewa merebutnya. Orang sekitarku marah, Perang sudah di ujung mata. Sebenarnya aku ingin marah juga tapi entah hati kecilku malah bahagia.  Sepertinya aku akan tersiksa kalo menikah dengannya. Untunglah Prabu Salya punya solusi,dia memberikan anak keduanya,Surti Kanti sebagai gantinya. Dia lebih cantik dari Erawati tapi lagi2 hati kecilku berkata ini bukan cinta.

Kali ini giliran Kamaratih yang tak sabar meneruskan membaca halaman berikutnya. Dewa dewi itu tau bagaimana kisah cinta Duryudana tapi mereka hanya menuliskan garis besarnya saja. Semacam menebar benih bunga dan kini mereka kaget sendiri melihat warna warni mekarnya hati Duryudana lewat tulisannya.

Dear diary,
Aku tak tau harus bagaimana dan menulis apa. Karna, sahabat terbaikku, dekatnya hatiku dengannya bahkan jauh lebih dekat dibanding dengan adik2 sedarahku sendiri dalam mabuknya menceritakan kisah cintanya dan wanitanya. 
Surti kanti ternyata kekasih sejatinya. Mereka saling mencintai dan bahkan jauh sebelum aku berjumpa dengan Karna. Aku tau watak Karna, Dia cuma punya satu hati, satu kesetiaan dan aku yakin dalam cinta pun dia cuma punya satu cinta.  Aku tak akan pernah tega melihat sahabat terbaikku menderita apalagi itu karena aku. Aku rela kehilangan beribu wanita asalkan dia bahagia.Sahabat jauh lebih berharga dibanding wanita. 

Kalau saja aku bisa memberikannya secara langsung maka detik ini juga akan aku berikan Surti Kanti padanya tapi apa kata dunia. Aku rela serela - relanya. Tapi bagaimana dengan hubungan dua negara ini. Prabu Salya tak akan terima. 

Please Dewa... kasih jalan keluarnya dong.... yaaaah... Dewa Baik deh... #EmotNyembah

Kamajaya hampir kelepasan tertawa kalau saja tidak ditutupi mulutnya oleh Kamaratih.

Dear diary,
Ahaaa... akhirnya dapat satu rencana juga buat menyatukan Karna dan Surti Kanti. Tak tega juga melihat Karna tak ada semangat tanpa daya beberapa hari ini. 
Plan A. 
 Sehubungan dengan adanya pemberontakan Kalakarna di Awangga maka Karna akan aku utus untuk menumpasnya.  Aku yakin seyakin yakinnya itu mudah buat Karna. Kesaktiannya luar biasa. Setelah sukses menumpas pemberontakan aku akan membuka rahasia hubungannya dg Surti Kanti. Orang2 akan menghinanya berani2nya mencintai tunanganku. aku akan berlagak marah tapi kemudian mengampuninya karena jasanya dan akan memberikan Kerajaan Awangga kepadanya. Setelah dia ada di level raja,Surti Kanti akan aku berikan padanya. Prabu Salya pasti tak akan keberatan penggantiku sebagai menantunya adalah seorang raja juga. Akan aku temui secara pribadi juga Prabu Salya untuk memberikan rekomendasiku padanya. Sekali melempar batu, banyak burung yang kudapat. Menaikkan derajat Karna dan menyatukannya dengan Surti Kanti. Ayo Karna kamu bisa!!! Ganbatte!!!!!!

Plan B
Sama dengan plan A

Plan C
Sama dengan plan B
#MissionPossible  #SurtiKarna

Ada decak kagum dan terheran - heran pada diri Kamajaya dan Kamaratih melihat plan Duryudana. Selama ini mereka tahunya Duryudana itu goblog dan males banget buat berpikir dengan IQ maksimal masuknya paling rata2 tapi ternyata demi sahabat dia bisa juga berpikir dan membuat rencana yg istimewa. the power of  persahabatan. 

Dear diary,
Plan A sukses!!! Pernikahan Karna tinggal menghitung hari. Karna bahagia, Surti kanti bahagia. Aku juga bahagia. Karna ini masuknya Kategori Bujang paling lurus hatinya di pewayangan seperti kata Begawan Tere. Bisa dipastikan Surti Kanti akan terjamin kebahagiaannya. Congrat Karna!! Bahagiamu bahagiaku juga.

Wait.... Lah aku terus sama siapa??? Oh No... Jomblo Again.... Paaapiiiihhhh.... #Hiks

Tanpa sadar Kamajaya ngasih puk puk ke Duryudana yang asik ngorok tapi masih mengalir air matanya.

Dear Diary,
Papi nanyain terus kapan aku nikah,.. Mau nikah ma siapa... Udah punya cewek yang ditaksir belum.. ngasih deadline 3 bulan, kalo gak mau dijodohin lagi sama pilihan papih... dan aku hanya bisa membisu sambil berkaca - kaca. #Hiks
#AkuKuduPiye

Tapi sepertinya Kanjeng mami sedikit pengertian dan nyaranin buat liburan ke spanyol sambil nonton Barca vs Madrid. El Classico!!! Lumayan lah ... Gracias Mamiiiih... 

Kamajaya yg pro Barca dan Kamaratih yg pro Madrid langsung menatap tajam Duryudana sambil menebak ni anak pendukung mana. 

Dear diary,
Camp nou kandang Barca memang megah tapi untuk kali ini ada sesuatu yg jauh lebih megah di dalamnya. Tendangan CR7 memang tajam tapi ada yang lebih tajam darinya saat itu. Liukan gocekan Messi memang cantik tapi ada yang lebih cantik lagi. Sepakbola memang indah tapi beribu maaf pada sepakbola, 90 menit ini.. Hatiku,rasaku dan semua tentangku terpaku pada dia yg jauh lebih indah dari sepakbola. Seindah-indahnya sepakbola ternyata masih lebih indah wanita!
Tajamnya tatapan matanya..Indahnya gemulai tubuhnya..cantiknya wajahnya.. Aaahhh tanpa terasa 90 menit aku hanya bisa terpaku padanya tanpa punya keberanian untuk mendekat atau sekedar bertanya nama padanya. Dia terlalu megah bagiku..  #Damn 
Aku tak pernah tau cinta itu apa,cinta sejati itu rasanya seperti apa. Sebelum aku mengetahuinya tanpa sadar semua rasa itu sudah aku berikan pada wanita yg baru pertama kali aku lihat tanpa tau nama dan rumahnya. Bila A = B maka B= A. Bila dia jodohku maka jodohku adalah dia. E = M.C2 Cinta = Aku dan dia..dia... diaaaaaa... #Mumet 
Kenapa papih tiba2 nyuruh pulang sebelum aku sempat mencarinya. Untuk pertama kali rasanya aku tak ingin pulang ke rumah... Cintaku jauh di Camp nou.... #Huaaaa
Kamajaya dan Kamaratih Membaca sambil berpegangan tangan ikut terbawa suasana laporan pandangan mata Camp nou versinya Duryudana.
Dear Diary, 
Bete sumpah dah... Papi telpon mendadak nyuruh pulang cuma  buat nemenin  ke tempat Prabu Salya. Tau gak seeh... malu n gak enak piiih.. 2 x sudah gagal jadi menantunya.. Ketemu aja serba salah... Apa sih maunya papih... #Huuuu

Pasangan penguasa cinta itu  lalu serentak menatap wajah Duryudana sambil melongo,geleng2 kepala dan bengong berpikir  mulai ragu2 ini tulisan Duryudana beneran gak seeeh.. :))
  
Dear diary,
Mungkin benar juga pepatah kuno di spanyol sana. saat paling gelap di malam hari adalah saat menjelang fajar. Seperti itu pula alurku hari ini. Aku berangkat dengan penuh gelap hati tapi disana ada fajar cintaku yg menanti. Niat papih ternyata mau mengenalkan aku pada anak ketiga Prabu Salya..Banowati... Anak terakhir Prabu Salya ini yg baru selesai kuliah di luar negeri ternyata adalah bidadari yg mencuri semuaku di Camp nou... 

Untuk pertama kalinya juga dengan penuh kemantapan dan kebahagiaan, aku memohon kepada papi untuk melamar seorang wanita buatku. Paaapiiih.. makasih!

Sepertinya dewa cinta memang benar2 istimewa.. Kesempatan ke 3 tak akan gagal. Demi Cinta!!!!
Benar juga kata Begawan Coelho yg bilang silahkan berkelana sejauh mungkin tp kelak di kemudian hari kau akan sadar bahwa negerimulah yg terindah dan wanita dari bangsamulah yg tercantik. Sudah ku kelilingi berbagai negara,kulihat banyak jenis wanita disana tapi yg paling indah memang wanita dari bangsa pewayangan juga.

I Love You Banowati!!!! #PeluuukkkkGuling
AAAKKK... Cintaaa.... Tak tau lagi bagaimana harus menuliskannya... Thx God!!!!

Senyum simpul kecil terbit di bibir Kamajaya dan Kamaratih membayangkan suasana hati Duryudana saat menuliskan bagian itu.

Dear diary,
Kenapa harus Arjuna... Kenapa.... Diantara berjuta lelaki kenapa harus dia. Laporan inteljen macam mana pula ini. Banowati sudah lama naksir Arjuna. Waduuh... #cemas
Apa pula maunya para dewa memberiku saingan seberat dia. 
Percaya diri Duryudana.. percaya diri... Yang menuliskan takdirmu dg yang menuliskan takdir Arjuna dari tangan dan tinta yg sama. Bila benar yg menuliskannya adil pasti ada kelebihanmu jg dibanding Arjuna. Kamu boleh kalah tampan tapi soal besarnya cinta kamu pasti menang jauh. Hati Arjuna sudah tersebar tinggal serpihan kecil saja buat Banowati.... #Semangat
Akan aku buatkan lagu untuknya agar telinga  indahnya bisa mendengar rasaku.. akan aku buatkan tulisan terindah juga biar mata dan hatinya bisa melihat dan membaca rasaku.. Kalau masih kurang akan aku bawakan arwahku juga biar dia tau semua yg di dalamku padanya. Hanya padanya.. 
#OnlyYouBanowati

Tanpa sadar  kamajaya sampai bertepuk tangan melihat semangat Duryudana.

Dear diary, 
Hari pernikahanku dengannya semakin dekat tapi kenapa hatinya tak juga mendekat padaku... Kurang apakah aku? salah apakah aku? Dimana otak para dewa cinta saat membuat seorang aku jatuh cinta padanya sedang dia tidak ada rasa sama sekali padaku.
Pernikahan macam manapula ini yg akan aku jalani..... Banowati oh Banowati.... Tahukah kamu semalam tadi aku menangis untukmu......
Fuck you #rjuna......
Hening dan diam berkuasa dipecah suara Kamaratih membalik halaman diary Duryudana

Dear diary,
Laporan inteljen menunjukkan intensitas pertemuan arjuna dan banowati secara diam-diam semakin tinggi. Dimana kode etik ksatriamu arjuna? Dimana martabat dan kehormatanmu sebagai wanita calon istri orang berada, banowati?
Kalau bukan karena dalamnya cintaku padamu sudah kutinggal jauh kau Banowati. Kalau bukan karena aku fans berat film koboi yg pantang bertarung cuma gara2 wanita sudah kutantang kau duel sampai mati Arjuna.... 
Dewa...Aku kudu piye???  Negara ini menuliskan peringatan di bungkus rokok " Merokok membunuhmu.. " tapi asal kau tau cinta lebih membunuhku...berkali2... di hatiku... Oh Banowati... 
Duh Kamajaya sang dewa cinta... Kenapa tak kau tuliskan peringatan di setiap produk cintamu... sekalian juga kau tulis tarif cukai cinta untuk pendapatan tambahanmu... 
Duh yamadipati sang dewa kematian... Tuliskan juga peringatan " hidup ini membunuhmu" 
Syarat macam manapula lagi yang kau minta , Banowati... Minta mandi  siraman di ruang tertutup dan yg memandikan harus Arjuna sebagai syarat utamamu mau menikah denganku.. Bila rasaku ini rasamu... aku yg tersakiti... Aku harus jujur... manusia bodoh... 

#akuRapopo ndasssmuuu... Jancuuukkk.... Aaaarrrrrghhhhh....

Kamajaya dan kamaratih shock berat... kepolosan Duryudana membuka matahati mereka ternyata cinta bisa dibisniskan.. #lho Ada sedikit sesal jg di hati mereka kenapa tega banget nulisin nasib cinta pertama,sejati dan terakhir Duryudana setragis itu

Dear diary
Demi cintaku pada Banowati... Syaratnya ku penuhi. Tak apalah yang penting aku bisa bersatu dengannya. Supir truk pun dengan pedenya bisa menuliskan " Kutunggu Jandamu" sebagai bentuk kerelaan hatinya menunggu cinta sejatinya. Aku lebih beruntung dari supir truk tak perlu menunggu jandamu..

Cintaku bukan cinta biasa... Cintaku padamu minim sejajar dengan cintanya Siti Nurhaliza...
Cintaku bukan soal fisik... Bahkan kau tak perawan pun aku tak apa... aku tak apa.... aku tak apa...
Aku tak peduli kata dunia... Biarlah mereka menertawakanku dan menghinaku..Ini soal hati Cuk!!!
Besok di hari pernikahan kita... Semoga bisa kau lihat di tulusnya tatapan  mataku.. Ada tulisan tebal di hati terdalamku yg kupahat dengan semua yang kubisa dan kupunya.. "Kutunggu Cintamu"
Aku akan bersabar untukmu banowati... akan aku lewati hari beratku meraih hatimu walaupun harus tertatih di setiap harinya... Aku milikmu.... I Love U... 
"INI BARU CINTA!!!!" Kamaratih dan Kamajaya  bersamaan mengacungkan jempol like this pada Duryudana

Dear diary,
Malam pertama katanya adalah salah satu malam terindah tapi ternyata itu tidak berlaku bagiku. membuka helai kain yg menutupi tubuhnya seperti membuka makam2 dari kesedihan yg kucoba kuburkan dan mereka bangkit bergentayangan mengikutiku.. #Hiks kenapa pula dalam tidurnya Banowati memanggil nama Arjuna dg begitu mesranya.. Bahkan di alam bawah sadarnya pun aku masih dia siksa...Aku kudu piye neh???

Ngilu dan perih merata melanda.... 
Lebih rapat dari guyuran hujan.. 
Lebih menyakitkan dari tusukan pedang... 

Banowati oh banowati... Kenapa???? Aku harus bagaimana??? Haruskah ku mati karenamu.. senyum kehancuran..semua kututupi... 
Siapa yg mau..siapa yg ingin gagal dalam cinta??? 
Hati jadi luka..rindu jadi benci semua karena cinta... 
Manis di bibirmu..lembut suaramu aku terperdaya... 
Semua yg kurasa.. hancur hatiku mungkin sudah suratan...
Bila kutatap wajahmu yg begitu lugu..seakan ku tak percaya..
Sampai hati kau tega melihatku disini berteman sepi..
Biarlah cerita ditelan malam..hilang terbawa angin.. 
#Untuk apa lagi> #DD

Aku bukan seseorang yg memilih sebuah pertempuran karena yakin akan menang.. Aku bukan seorang yg memilih lawan yg lebih lemah dariku.. Itu bukan gayaku..itu bukan aku... perangku merebut hatimu adalah perang terberatku yang aku sendiri sebenarnya tak yakin bisa memenangkannya... #Demi Cinta aku tahan... masih bisa kutahan...kalah menang kumantapkan hati tetap berjalan.. Semoga di hari kedepan ada fajar cintamu yg terbit menerangiku.. #KutungguCintamu #masih #DuhGusti

Kamajaya dan Kamaratih tertegun tak mampu berkata apa2... ada haru ada ngilu yg bisa ikut mereka rasakan juga.Mereka membuka halaman terakhir yg ditulis sebelum Duryudana tepar karena Cong yang.

Dear diary,
Aku mulai makin memepercayai pepatah2 lama spanyol. Bila ada satu kejadian yg cuma terjadi sekali maka itu cuma akan terjadi sekali saja. tapi bila kemudian berulang kedua kali maka akan ada yg ketiga dan seterusnya. 

Dalam cinta,hati kecilku berkata cuma 1 x saja ada kesempatan bagiku untuk mencintai seorang wanita dan itu apa yg kurasakan pada Banowati. Malam ini yg kedua kali banowati membisik mesra nama arjuna dalam tidurnya dan aku yakini akan terulang lagi di kemudian hari. Aku tak akan pernah bisa terima. Aku lelaki. Cintaku tak kubagi hanya untuk dia tapi kenapa balasannya seperti ini.

Dimanakah adilnya cinta? 
Egoiskah aku memaksakan diri menikahinya? 
Salahkah bila diriku terlalu mencintainya?
Jangan tanyakan mengapa karena ku tak tahu.... #nyanyi

Aku tahu ini semua tak adil
Aku tahu ini sudah terjadi
Mau bilang apa aku pun tak sanggup
Air mata pun tak lagi mau menetes

Alasannya seringkali ku dengar
Alasannya seringkali kau ucap
Kau dengannya seakan ku tak tahu
Sandiwara apa yang telah kau lakukan kepadaku

Jujurlah sayang aku tak mengapa
Biar semua jelas telah berbeda
Jika nanti aku yang harus pergi
Ku terima walau sakit hati

Mungkin ini jalan yang engkau mau
Mungkin ini jalan yang kau inginkan
Kau dengannya seakan ku tak tahu
Sandiwara apa, ceritanya apa, aku tahu

Jujurlah sayang aku tak mengapa
Biar semua jelas telah berbeda
Jika nanti aku yang harus pergi
Ku terima walau sakit hati

Kadang seperti lagu itu.. ingin kudengar langsung dari mulutmu tentang sandiwaramu tapi aku sudah tau jawabannya dan aku tak akan pernah sanggup mendengarnya langsung dari mulutmu...Mulut satu2nya wanita yg aku cintai di dunia ini.
Kupikir dg dalam sepertinya hanya ada satu jalan, Aku dan Arjuna harus berperang. Harus ada yg pergi dari dunia ini lebih dulu untuk jawaban hatimu kedepannya.. Sepertinya memang Dewata yg sudah menggariskannya perang hati ini harus berlanjut dalam Bharatyudha.

Aku lelakimu walau hatimu belum bisa menerimanya. Banyak orang yg akan mengira perang ini adalah tentang perebutan kerajaan saja tapi secara personal bagiku ini juga tentang perang cintaku. Satu2nya cintaku. Perang untuk mendapatkan hatimu. Aku tahu secara logika aku akan kalah di perang ini Dewa dibelakang pihak Pandawa. Tapi Rahwana telah mencontohkannya di Ramayana ,pantang  menyerah demi cinta walau nyawa taruhannya. Kuharap suatu saat debu2 di medan perang akan bercerita padamu alasan ini padamu.

Aku cinta padamu banowati..tulus..setulus tangisan bayi.. Cinta pertamaku,sejatiku dan terakhirku.. Entah harus dg bahasa apa agar kau tau rasaku. Semoga suatu saat nanti kau bisa memahami dan membalasnya. 

Bila di medan perang nanti aku yg kalah dan mati aku tak akan menyesalinya. Aku juga menunggu saat2 itu. Akan aku temui Dewa cinta Kamajaya dan bertanya langsung padanya.

Apa itu cinta???
Apakah salah mencintaimu???
Bila cintaku salah, kenapa mereka menciptakannya begitu besar dan indah di hatiku?
Masih banyak lagi hal yg ingin kutanyakan padanya. Sungguh aku mencintaimu dg satu tujuan membahagiakanmu. Maafkan diriku bila jalannya takdir jadi seperti ini. Kita hanya wayang dan hanya dalang yg bisa menjawabnya.  Bila ada yang ingin kau salahkan.. Maka salahkanlah aku.. Aku akan dg bahagia menerimanya.

Untuk penutup  tulisanku malam ini,akan kutulis kalimat yg sama..yg selalu mengalir dalam nadiku sejak bertemu denganmu..
I LOVE YOU... BANOWATI...

Bersamaan dg selesainya membaca tulisan itu,Kamajaya dan Kamaratih berpelukan. Indahnya benih yg mereka tabur menjadi bunga cinta di hati Duryudana benar2 membuat mereka terpesona. Sama indahnya dg bunga cinta yg mekar di Hati Rahwana pada Sinta. Sama indahnya dg bunga cinta Bisma pada Amba.

"Duryudana, kau akan kalah.. Kau akan mati di Bharatayudha nanti. Tapi ketahuilah aku juga yg akan menjemputmu,suatu kebahagiaan bagiku menjemput orang yg berhasil menjalani ujian yg kuberikan padanya.. Berjuta dosa mungkin telah menyelimutimu namun ketulusan cintamu pada Banowati lah yg akan membawamu ke Sorga. Semua sedihmu,sakitmu,perihmu,pengorbananmu karena cinta tak pernah ada yang sia-sia. Semua akan berbalas indah di akhir nanti.. Akan ada Banowati yg hanya mencintaimu di surga nanti. Hanya untukmu. Bertanyalah sepuasmu nanti padaku, aku akan menjawabnya. Cinta bukan soal menang atau kalah. Cinta adalah soal ketulusan dan tanpa sadar kau telah melakukannya. namun bila harus ada yg dibilang pemenang maka orang yg paling tuluslah yg menang. Restuku untukmu... "

Kamajaya bercakap dg hati kecil Duryudana dan memberinya wejangan serta jawaban resahnya. Kamaratih memberikan restu dan kekuatan cinta dan kesetiaan yg berlebih di hati Duryudana. Sesaat kemudian mereka hilang kembali ke khayangan.
Duryudana tak pernah benar2 menyadari apa yg terjadi malam itu. Yang dia tau cintanya makin besar untuk Banowati.
Kelak secara kebetulan, Karna membaca juga diary Duryudana ini dan menjadi berlinang airmatanya melihat bagaimana tulusnya pengorbanan sahabatnya ini untuknya. Melihat juga ketulusan Cinta Duryudana untuk Banowati yg membuatnya semakin muak pada Arjuna dan berjanji akan membunuh Arjuna tp tak akan pernah membunuh Saudara Pandawanya yg lain. Hanya Arjuna. Most Wanted.


No comments:

Post a Comment